Sabtu 15 Aug 2020 00:49 WIB

Infografis Dua Wanita Kandidat Sebelum Kamala Harris

Sejarah mencatat belasan wanita pernah maju dalam bursa Pilpres AS.

Foto: Republika
Para wanita kandidat wakil presiden AS.

REPUBLIKA.CO.ID, Kandidat Presiden AS Joe Biden telah memilih Senator California Kamala Harris sebagai pendampingnya di Pilpres AS yang digelar tahun ini. Kamala Harris adalah sosok fenomenal karena untuk pertama kalinya seorang wanita keturunan Amerika-Afrika-India alias wanita bukan berkulit putih maju dalam posisi Wakil Presiden.

Kamala Harris namun bukan wanita pertama yang pernah diajukan oleh partai besar dalam bursa Pilpres AS. Setidaknya ada dua wanita sebelumnya yang pernah dicalonkan sebagai Wakil Presiden AS oleh partai besar.

Geraldine Ferraro

Sosok wanita pertama adalah Geraldine Ferraro. Ia merupakan wanita pertama yang dipilih sebagai calon Wakil Presiden di tahun 1984.

Ferraro dipilih mendampingi kandidat Presiden Walter Mondale dari Partai Demokrat. Namun pada Pilpres yang terjadi pada November 1984, Pasangan Mondale dan Ferraro kalah dari Ronald Reagan yang terpilih kembali sebagai Presiden AS.

Sarah Palin

Dalam Pilpres 2008 ada sosok Gubernur Alaska Sarah Palin yang terpilih sebagai kandidat Wakil Presiden AS. Ia menjadi pendamping John McCain untuk Partai Republik.

Ini adalah untuk pertama kalinya Partai Republik memajukan wanita sebagai kandidat Wakil Presiden. Meski kalah dari Barack Obama, McCain dan Palin meraih hampir 60 juta suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement