Jumat 06 Nov 2020 09:52 WIB

Infografis Tips Mengelola Keuangan Selama Pandemi

Saat masa krisis seperti sekarang, penting memperhatikan kembali arus keuangan.

Foto: Tim infografis Republika
Tips mengelola keuangan selama pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, Pandemi Covid-19 menyebabkan lesunya perekonomian, yang berimbas pada penghasilan seseorang. Saat masa krisis seperti sekarang, penting memperhatikan kembali arus keuangan.

Ini tips mengelola keuangan selama pandemi.

1. Mencatat keuangan

Mencatat keuangan, baik pemasukan maupun pengeluaran akan memudahkan seseorang mengetahui arus keluar/masuk dana. Catat pengeluaran sekecil apapun, termasuk biaya parkir minimarket.

 

2. Menambah penghasilan atau mengurangi pengeluaran

Seseorang bisa saja mendapat pemotongan gaji selama pandemi. Untuk itu, perlu menambah penghasilan agar arus kas terjaga atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu agar dananya bisa dipakai untuk yang lebih penting. Misalnya, alih-alih membeli air mineral kemasan, lebih baik membawa minum dari rumah.

3. Menabung

Belum diketahui kapan pandemi berakhir. Menabung lebih baik daripada mengeluarkan dana untuk hal yang kurang penting. Belanja untuk kesenangan boleh dilakukan sesekali sebagai self reward.

4. Menyiapkan dana darurat

Dana darurat penting untuk kondisi darurat seperti sakit atau PHK. Biasanya, dana darurat disiapkan 6 kali kebutuhan sebulan. Namun, semakin banyak dana darurat yang disiapkan semakin baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement