Rabu 23 Mar 2022 03:47 WIB

Rusia Gunakan Yandex untuk Mesin Pencari, Ini Bedanya dengan Google

Yandex juga memiliki layanan email, iklan daring, asisten suara Alice

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Kantor Pusat Yandex di Moskow, Rusia
Foto: ENGLISHRUSSIA.ORG
Kantor Pusat Yandex di Moskow, Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Walaupun mesin pencari Google populer di seluruh dunia, ini tidak berlaku di Rusia. Sebab, warga Rusia mempunyai mesin pencari bernama Yandex. Sama seperti Google, Yandex tidak hanya dikenal sebagai mesin pencari, tetapi juga terlibat dalam hal lain yang berhubungan dengan teknologi dan internet.

Meskipun Yandex awalnya hanya tersedia di Rusia, sekarang ada versi bahasa Inggris global di yandex.com. Sebagai perusahaan teknologi, Yandex juga dikenal karena beberapa layanan lain. Misalnya, email, iklan daring, asisten suara Alice, platform transportasi Yandex.Taxi, manajemen data, peta, streaming musik, dan kecerdasan buatan.

Baca Juga

Meski terlihat hampir mirip dengan Google ada beberapa fitur utama yang membedakan. Pertama, Yandex lebih menekankan SEO lokal dan regionalitas daripada Google.

Yandex menjalankan pencarian bergantung geografis yang hanya menampilkan situs web dari wilayah tertentu. Ini berarti orang-orang di lokasi yang berbeda akan diperlihatkan hasil yang berbeda-beda dalam penelusuran yang sama.

Perbedaan kedua adalah perilaku pengguna dalam dwell time atau lamanya waktunya yang dihabiskan seseorang pada halaman situs. Faktor tersebut penting untuk mendapatkan peringkat baik di Yandex. Membuat konten yang sangat menarik dan relevan juga penting untuk meningkatkan dwell time.

Dilansir Grow Hack Scale, Selasa (22/3/2022), backlink atau pranala balik bukan menjadi fitur peringkat yang kuat di Yandex dibandingkan dengan Google. Backlink pada dasarnya merupakan tautan pada suatu situs web yang mengarah menuju ke situs web lainnya. Di Google, fitur ini dinilai lebih penting dibandingkan dengan Yandex. Sebab, ini akan membuktikan kepercayaan pada suatu situs web.

Perbedaan lain antara Yandex dan Google adalah usia domain dan tanggal pembuatan. Di Yandex, hal itu dinilai berperan penting dalam peringkat. Seringkali domain harus lebih tua dengan banyak contoh konten berharga terbaru agar peringkatnya bagus.

Perbedaan terakhir yang ditemukan adalah Yandex memiliki lebih sedikit alat Webmaster, yang bertanggung jawab untuk memelihara satu atau lebih situs web dan pelanggaran seperti isian kata kunci dianggap lebih serius dibandingkan di Google.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement