Jumat 15 Jul 2022 13:44 WIB

3 Saksi Kejayaan Islam di Tanah Hindustan

India merupakan negeri dengan populasi Muslim terbesar ketiga di dunia

Foto: republika
Tiga Saksi Kejayaan Islam di Tanah Hindustan

REPUBLIKA.CO.ID, Islam adalah agama terbesar kedua di Republik India setelah Hindu. Hasil sensus nasional menunjukkan, lebih dari 13,4 persen penduduk negeri ini (160,9 juta) menyebut diri sebagai Muslim. Dengan jumlah ini, India merupakan negeri dengan populasi Muslim terbesar ketiga di dunia dan populasi terbesar di dunia bagi Muslim minoritas.

Islam memberi kontribusi besar bagi negara Asia Selatan ini. Ajaran Islam datang ke anak benua India dalam tiga gelombang yaitu dibawa orang Arab (8 M), Turki (12 M), dan abad ke-16 M oleh orang Afghan. Selain Tajmahal yang tersohor itu, berikut bukti Islam pernah jaya di tanah Hindustan:

>Masjid Jama’

Masjid ini terletak di Old Delhi Jalan Chadni Chowk. Masjid ini didirikan Kaisar Mughal, Syah Jahan, pada 1656 selama enam tahun dengan melibatkan lebih dari lima ribu pekerja. Bangunan serta pelataran masjid terbuat dari batu paras merah, khas Mogul.  Julukannya Masjid-i-Jahanuma yang berarti masjid berpanorama dunia.

 

>Qutub Minar

Menjulang setinggi 72,5 meter, Qutub Minar adalah salah satu menara masjid paling tinggi di dunia. Menara ini dibangun Qutubuddin Aibak, sultan Delhi pertama pendiri Dinasti Ghulam (Kesultanan Mamluk ) pada 1192 setelah mengalahkan kerajaan Hindu terakhir di Delhi.     

>Taman Makam Humayun

Bila Taj Mahal dibangun suami untuk sang istri, Taman Makam Humayun dibangun istri untuk suaminya. Humayun adalah Kaisar Mughal kedua. Terletak di tepi Sungai Yamuna di New Delhi, bangunan ini  kompleks pemakaman besar dan megah yang didominasi batu paras merah. Ditetapkan  UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Budaya Dunia pada 1993. 

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: republika/berbagai sumber

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement