Kamis 11 Aug 2022 00:04 WIB

Deretan Petinggi AS Sambangi Taiwan

Kunjungan petinggi AS ke Taiwan membuat China marah.

Foto: BBC/Reuters/DW
Daftar petinggi AS ke Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID, Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan telah membuat China geram. Beijing bahkan menggelar latihan militer besar-besaran di Selat Taiwan guna memprotes kunjungan tersebut. Sebagai ketua House AS, Nancy merupakan pejabat tertinggi Amerika Serikat pertama yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun terakhir.

Berikut daftar sejumlah petinggi AS yang pernah berkunjung ke Taiwan, wilayah yang diklaim milik China, dalam kurun beberapa waktu terakhir.

Baca Juga

1. Mantan Menteri Pertahanan Mark Esper

Mantan menteri pertahanan Mark Esper melakukan kunjungan selama empat hari ke Taiwan pada Juli 2022 lalu. Kedatangannya untuk mempelajari tentang ancaman keamanan dan sejumlah isu lain yang dihadapi oleh Taiwan.

 

2. Mantan Menlu AS Mike Pompeo

Mike Pompeo berkunjung ke Taiwan pada 2 Maret 2022 lalu. Ia mengaku senang atas kunjungannya ke Taiwan yang sudah ditunggu-tunggu. Dalam kunjungannya Pompeo bertemu dengan wakil pemerintahan, pebisnis, maupun banyak orang lainnya di Taiwan.

3. Ketua Komite Senat Luar Negeri Bob Mendez

Bob Mendez yang merupakan ketua Komite Senat AS Bidang Hubungan Luar Negeri berkunjung ke Taiwan pada 14 April 2022 lalu. Ia datang bersama lima anggota dewan lainnya sebagai dukungan terhadap Taiwan menghadapi ancaman China. Beijing geram dengan kunjungan tersebut.

4. Menteri Kesehatan Alex Azar Era Trump

Menteri Kesehatan AS era Trump Alex Azar mengunjungi Taiwan pada 9-12 Agustus  2020. Ini merupakan pejabat kabinet pertama yang datang sejak 2014. Kehadiran Alex Azar telah membuat China marah.  

5. Wamenlu AS Keith Krach Era Trump

Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk bidang Pertumbuhan Ekonomi, Energi, dan Lingkungan era Trump, Keth Krach, datang ke Taiwan pada 17-19 September 2020. Ia datang untuk mengikut upacara pemakaman mantan presiden Taiwan Lee Teng-hui.

RESPONS CHINA

- Latihan Militer

China merespons kunjungi Pelosi ke Taiwan dengan menggelar latihan militer besar-besaran. China mengirim kapal tempurnya ke Selat Taiwan.  China juga meluncurkan sejumlah rudal balistik. Terakhir kali Negeri Tirai Bambu meluncurkan rudal ke perairan sekitar Taiwan terjadi pada 1996.

- Menjatuhkan Sanksi

China memutuskan untuk menjatuhkan sanksi ke Pelosi atas kunjungannya ke Taiwan. Pelosi bukan pertama kali yang dijatuhkan sanksi. Beberapa pejabat AS juga telah mendapat sanksi oleh Beijing.

- Kecaman

Kecaman demi kecaman kerap dilontarkan China kepada pejabat AS yang mengunjungi Taiwan.

Sumber: Reuters/Aljazirah

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement