Jumat 14 Oct 2022 13:00 WIB

Orang Tua Perlu Tahu, Ini Gejala Gagal Ginjal Akut Misterius yang Mengusik Anak

Sebanyak 42 anak di DKI Jakarta alami gagal ginjal akut misterius sejak Januari 2022.

Anak sakit (ilustrasi). Gangguan ginjal akut misterius merupakan kondisi ketika ginjal tiba-tiba tidak dapat menyaring limbah dari darah dan tanpa diketahui penyebab utamanya.
Foto: www.hippopx.com
Anak sakit (ilustrasi). Gangguan ginjal akut misterius merupakan kondisi ketika ginjal tiba-tiba tidak dapat menyaring limbah dari darah dan tanpa diketahui penyebab utamanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta meminta warga mewaspadai penyakit gagal ginjal akut misterius yang sebagian besar menimpa anak-anak usia di bawah enam tahun. Sejak Januari hingga Oktober 2022 muncul laporan 42 kasus di Ibu Kota.

"Perhatikan frekuensi dan jumlah buang air kecil, jika berkurang dari biasanya atau bahkan tidak buang air kecil sama sekali, maka jangan tunda untuk berobat," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Dwi Oktavia di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga

Dwi menjelaskan gejala awal gangguan ginjal akut misterius di antaranya demam, diare, muntah, serta batuk dan pilek. Gejala lanjutannya ialah jumlah urine dan frekuensi buang air kecil berkurang, badan membengkak, penurunan kesadaran, dan sesak napas.

Jika ditemukan gejala demam, diare, muntah, frekuensi buang air kecil berkurang, sebaiknya dalam 12 jam harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan. Semakin cepat terdeteksi, semakin baik perbaikan penyakit jika ditangani khusus.

Langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah gangguan ginjal di antaranya dengan mencukupi kebutuhan cairan harian sesuai usia serta mengonsumsi makanan lengkap dan gizi seimbang. Kemudian, terapkan pola hidup sehat dan hindari mengonsumsi obat keras terbatas tanpa resep dokter.

Pihaknya meminta masyarakat tidak panik, tapi tetap waspada terutama jika jumlah dan frekuensi buang air kecil anak berkurang. Gangguan ginjal akut misterius merupakan kondisi ketika ginjal tiba-tiba tidak dapat menyaring limbah dari darah dan tanpa diketahui penyebab utamanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement