Rabu 22 Feb 2023 17:28 WIB

Statistik Mencatat Dominasi Inter Milan Atas Wakil Portugal di Kompetisi Eropa

Dari 9 kesempatan menjamu wakil Portugal, Inter tidak pernah tersentuh kekalahan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Para pemain Inter Milan melakukan selebrasi usai memenangkan pertandingan belum lama ini.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Para pemain Inter Milan melakukan selebrasi usai memenangkan pertandingan belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Modal besar dikantongi Inter Milan jelang lawatan FC Porto ke Stadion Giuseppe Meazza pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (23/2/2023) dini hari WIB. I Nerazzurri memiliki rekor apik tiap kali menjamu tim asal Portugal di pentas kompetisi Eropa.

Dari sembilan kesempatan terakhir menjamu wakil Portugal, La Beneamata tidak pernah tersentuh kekalahan. Selama periode tersebut, Inter Milan bahkan sukses menorehkan delapan kemenangan dan hanya memetik satu hasil imbang.

Baca Juga

Boavista menjadi satu-satunya tim asal Portugal yang berhasil menahan imbang Inter Milan kala tampil di Stadion Giuseppe Meazza pada Oktober 1991 silam. Kala itu, Boavista menahan imbang Inter Milan, tanpa gol, di gelaran Piala UEFA.

Tidak hanya itu, I Nerazzurri juga menorehkan hasil positif di dua laga kandang terakhir di Liga Champions. Menjamu Barcelona dan Viktoria Plzen di penyisihan grup Liga Champions musim ini, Inter Milan sukses memetik kemenangan. Inter pun berada dalam trek yang tepat untuk menyamai rekor kemenangan beruntun di tiga laga kandang di pentas Liga Champions.

Khusus untuk pertemuan dengan Porto, I Nerazzurri tercatat hanya memetik satu kekalahan dalam empat bentrokan terakhir dengan torehan dua kemenangan dan satu hasil imbang. Berdasarkan catatan ini, Porto terbilang masih bisa menyulitkan juara Serie A Liga Italia musim 2020/2021.

Sementara Inter Milan memiliki rekor apik saat menjamu klub asal Portugal, Porto juga memiliki pengalaman menundukkan tim-tim asal Italia. Porto hanya menelan satu kekalahan dari tujuh pertemuan terakhir dengan tim asal Italia di pentas kompetisi Eropa dengan koleksi empat kemenangan dan dua hasil imbang.

Satu-satunya kekalahan Porto dari tim asal Italia itu saat menyerah, 2-3, di tangan Juventus pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim 2020/2021. Kendati begitu, Porto akan datang ke Stadion Giuseppe Meazza dengan kepercayaan diri tinggi.

Pasalnya, tim besutan Sergio Conceicao itu sukses memetik kemenangan di empat laga terakhir Liga Champions. Juara Liga Portugal musim lalu itu berpeluang menyamai rekor laju kemenangan terpanjang di pentas Liga Champions, yaitu lima kemenangan beruntun yang ditorehkan pada Oktober hingga Desember 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement