Kamis 02 Mar 2023 06:53 WIB

Siap-Siap Antar Anak Sekolah, Ini Tips Siapkan Dana Pendidikan

Deposito Jago Syariah menawarkan indicative rate hingga lima persen per tahun..

Red: Lida Puspaningtyas

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dalam kesempatan mencari ilmu. Mengenyam pendidikan tentu perlu persiapan dana juga. Dan, seperti yang kita tahu, biaya pendidikan pada zaman sekarang ini tidak bisa dibilang murah.

Berbagai cara dilakukan orang tua agar anak bisa mendapat pendidikan yang layak dan terbaik. Tahap persiapan dalam hal finansial menjadi salah satu kunci suksesnya.

Baca Juga

Lalu, bagaimana cara mengumpulkan dana pendidikan anak agar lebih amanah?

Instrumen keuangan syariah dapat menjadi pilihan dalam pengelolaan dana pendidikan. Kesesuaian dengan prinsip syariah insyaAllah membawa keberkahan dalam pengelolaannya sehingga dana yang disimpan bisa mendatangkan imbal hasil yang lebih baik.  

Dana pendidikan anak perlu disiapkan sedini mungkin karena biayanya terus naik pada kisaran 10-20 persen per tahun. Ada baiknya memikirkan dana pendidikan anak sejak menikah atau paling lambat saat anak lahir.

Perencanaan keuangan yang matang untuk biaya pendidikan anak akan sangat memudahkan orang tua saat menunaikannya nanti. Pakar perencana keuangan, Rista Zwestika mengatakan pada saat belum menikah atau saat baru menikah, masih banyak dana yang bisa ditabung atau diinvestasikan. Sementara kalau sudah lahir, akan banyak dana untuk kebutuhan anak lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement