Rabu 22 Mar 2023 20:55 WIB

Pengamatan Hilal di Pesantren Al Hidayah Basmol

Hasil pengamatan hilal menunjukkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis.

Rep: Thoudy Badai/ Red: Yogi Ardhi

Umat muslim memantau hilal di Masjid Al-Musyariin, Jalan Basmol Raya, Jakarta Barat, Rabu (22/3/2023). (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Tim Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol DKI Jakarta menentukan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023 setelah melihat hilal sekitar tujuh derajat. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Sementara, Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal awal Ramadhan 144 Hijriah di 124 lokasi di Indonesia dan empat lokask di DKI Jakarta.. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Penghitungan ilmu perbintangan dalam kebudayaan dunia Islam didorong oleh kebutuhan untuk memperoleh perhitungan waktu yang akurat terkait tata cara ibadah seperti shaum Ramadhan. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Seiring dengan semakin majunya perkembangan ilmu falaq munculnya hilal bisa dihitung lebih akurat. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Separuh dari nama rasi-rasi bintang yang dikenal di dunia astronomi modern sekarang ini memiliki nama Arab karena ditemukan oleh ilmuwan muslim saat itu. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang malam pertama bulan Ramadhan Umat muslim memantau hilal di Masjid Al-Musyariin, Jalan Basmol Raya, Jakarta Barat, Rabu (22/3/2023).

Tim Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol DKI Jakarta menentukan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023 setelah melihat hilal sekitar tujuh derajat.

Sementara, Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal awal Ramadhan 144 Hijriah di 124 lokasi di Indonesia dan empat lokasi di DKI Jakarta.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement