Sabtu 22 Apr 2023 12:22 WIB

Kebocoran Dokumen Rahasia Negara yang Pernah Gemparkan Publik

Dokumen rahasia militer Israel menjadi salah yang bocor ke publik..

Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak berbagai peristiwa besar yang di dalamnya menyimpan banyak rahasia. Berikut dokumen-dokuomen rahasia negara yang bocor hingga menggemparkan dunia:

1. BOCORNYA DOKUMEN PENGELOLAAN KAMP MUSLIM DI XINJIANG

Harian The New York Times memperoleh bocoran salinan dokumen 400 halaman yang berisi tentang bagaimana pemerintah Cina mengelola kamp penahanan bagi etnis minoritas muslim di Provinsi Xinjiang. Pemerintah Cina selama periode 2017-2019 diduga menahan sekitar satu juta muslim dari etnis Uighur, Kazakhs dan lainnya di Xinjiang di banyak kamp penahanan. 

Pemerintah Cina yang dikuasai Partai Komunis sudah membantah kritikan dari dunia internasional tentang kamp penahanan itu. Mereka menyebut tempat pelatihan/kursus itu memakai metode halus untuk memerangi ekstremisme Islam. Namun bocoran dokumen mengatakan sebaliknya.

2. BOCORAN DOKUMEN CARA CAMBRIDGE ANALYTICA MENANGKAN TRUMP DALAM PILPRES 2016

Pada 2018, media Inggris, The Guardian mendapatkan bocoran dokumen internal tentang cetak biru perusahaan konsultan politik Cambridge Analytica yang mengklaim memenangkan Donald Trump dalam pemilu presiden 2016 dengan memakai media sosial dan digital seperti Google, Snapchat, Twitter, YouTube, dan Facebook. Nama Cambridge Analytica juga dikaitkan dengan berita pencurian jutaan data pribadi pengguna Facebook.

3. KEBOHONGAN AS DI AFGHANISTAN

Harian The Washington Post merilis lebih dari 2.000 halaman wawancara bertajuk 'Lessons Learned', Dari wawancara terungkap tidak ada kesepakatan soal apa yang menjadi tujuan perang, apalagi tentang bagaimana mengakhirinya.

4. WIKILEAKS BOCORKAN KABEL DIPLOMATIK AS

Wikileaks merilis dokumen pada 2010, yakni 250.000 lebih kabel diplomatik Kementerian Luar Negeri AS. Antara lain mengungkap bahwa AS memata-matai Sekjen PBB saat itu Ban Ki-moon dan perwakilan Dewan Keamanan PBB lainnya.

5. DOKUMEN RAHASIA MILITER ISRAEL

Kebocoran dokumen rahasia milik Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Dokumen tersebut mengungkapkan informasi rahasia mengenai kemampuan dan metode operasional IDF. 

6. DOKUMEN RAHASIA PENTAGON AS

Puluhan dokumen rahasia Amerika Serikat (AS) telah bocor dan kini beredar di internet. Gambar dari file rahasia telah muncul di aplikasi perpesanan Discord sejak Februari 2023.

 

Lengkap dengan garis waktu dan lusinan akronim militer, dokumen-dokumen itu yang beberapa di antaranya ditandai 'sangat rahasia' memerinci tentang perang di Ukraina. Dalam dokumen-dokumen itu juga menawarkan informasi tentang Rusia, Cina dan sekutunya.

 

Sumber: The New York Times, The Washington Post, The Guardian, AP, Reuters

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement