Kamis 01 Jun 2023 11:37 WIB

Ribuan Warga Kenakan Pakaian Adat Nusantra di Monas, Ada Apa?

4000 peserta upacara kenakan pakaian adat Nusantara peringati hari nasional..

Rep: Thoudy Badai, Fauziah Mursyid/ Red: Yogi Ardhi

Peserta saat akan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di sisi selatan lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (1/6/2023). (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Upacara peringatan hari Lahir Pancasila ini menjadi yang terbesar dengan jumlah peserta upacara mencapai 4000 orang. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Peserta bersiap upacara Hari Lahir Pancasila 2023 mengenakan pakaian tradisional dari seluruh wilayah Indonesia. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Peserta usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di sisi selatan lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (1/6/2023). (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacaka pembukaan UUD 1945. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Pelajar mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di sisi selatan lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (1/6/2023). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara serta dihadiri sejumlah tokoh dan tamu undangan, pasukan upacara, petugas dan peserta dengan jumlah sekitar 4.000 orang. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global. Dalam upacara tersebut, seluruh peserta upacara menghiasi kawasan Monas dengan pakaian adat. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat dari Kesultanan Deli saat bertindak sebagai inspektur upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di sisi selatan lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (1/6/2023). Upacara tersebut dihadiri oleh sekitar 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, petugas dan panitia acara. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global. Dalam upacara tersebut, seluruh peserta upacara menghiasi kawasan Monas dengan pakaian adat. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jokowi memimpin upacara peringatan Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (1/6/2023). Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli bercorak hitam, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni tersebut.

Tampak hadir juga Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang mengenakan pakaian adat melayu bercorak hijau tosca, kemudian juga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri yang mengenakan baju kebaya bercorak ungu, hadir juga Wakil Presiden ke-11 Boediono, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, dan para menteri Indonesia Maju, serta para pimpinan lembaga mulai DPR, MPR, MK,MA, BPK, Kapolri hingga Panglima TNI dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertindak sebagai pembaca teks Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani bertindak sebagai pembaca teks UUD 1945. Sedangkan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman bertindak sebagai pembaca doa usai Jokowi memberi amanat upacara.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara serta dihadiri sejumlah tokoh dan tamu undangan, pasukan upacara, petugas dan peserta dengan jumlah sekitar 4.000 orang.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement