Selasa 06 Jun 2023 09:15 WIB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sampah di Kehidupan Kita

Manusia menyikapi kepedulian sampah dalam menjaga lingkungan.

Red: Tahta Aidilla

Seseorang melihat melalui panel terbuka di patung Earth Poetica, bola dunia yang dibuat dari sampah plastik oleh seniman Israel Beverly Barkat, di lobi 3 World Trade Center di New York, New York, AS, (5/6/2023). (FOTO : EPA-EFE/JUSTIN LANE)

Relawan membawa instalasi yang menggambarkan ikan yang terbuat dari limbah plastik untuk menciptakan kesadaran akan efek pencemaran lingkungan terhadap kehidupan laut, di pantai Edward Elliot, di Chennai, India, (21/5/2023). (FOTO : EPA-EFE/IDREES MOHAMMED )

Sejumlah pemudi gotong royong membersihkan sampah bersama Komunitas Pemuda Singkut di kawasan Pemandian Tirta Kali Batu Putih, Patok 41, Dusun V, Desa Pasar Singkut, Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun. (FOTO : Dok. Web)

Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kuala (kedua kanan) dan Sekretaris Pengurus YDBA, Ema P. Prasetyo (kiri) memeriksa karya peserta workshop pembuatan lukisan dari bahan baku limbah sampah plastik di Jakarta, Kamis (11/5/2023). Peserta workshop memperoleh pengenalan teknik melukis dengan menggunakan medium sampah plastik (FOTO : Republika/Yogi Ardhi)

Warga bersama relawan memungut sampah di Pantai Labuan, Pandeglang, Banten, Senin (22/5/2023). Aksi bersih-bersih berbagai limbah sampah rumah tangga yang menumpuk di pantai Labuan tersebut dilakukan sejumlah relawan, warga, dan siswa sebagai upaya mengurangi pencemaran lingkungan di perairan pesisir. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas (FOTO : ANTARA FOTO)

Pekerja membawa botol plastik untuk diolah menjadi serpihan di T3 EPZ Limited, perusahaan lokal yang mendaur ulang botol plastik polietilen tereftalat (PET) menjadi serpihan PET untuk ekspor, di Machakos, Kenya, (5/6/2023). (FOTO : EPA-EFE/DANIEL IRUNGU)

Pelatihan pengolahan sampah organik dan anorganik bersama milenial di wilayah Kelurahan Mandalika, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, NTB. (FOTO : Dok. Web)

Relawan melakukan aksi kemah di dekat area tumpukkan sampah TPA Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (31/5/2023). Aksi tersebut sebagai bentuk sindiran kepada Pemerintah Kota Depok akibat sampah yang menumpuk sudah melebihi kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. (FOTO : ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Warga mengikuti aksi bersih sampah di perairan Ternate, Kota Ternate Maluku Utara, Ahad (28/5/2023). Aksi bersih sampah laut oleh Eco-Bhinneka Muhammadiyah Maluku Utara itu sebagai upaya melindungi ekosistem perairan laut dari pencemaran sampah sekaligus mengampanyekan laut bebas sampah plastik. (FOTO : ANTARA FOTO/Andri Saputra)

Foto udara petugas gabungaan BPBD Kabupaten Bogor, Dinas Pemadam Kebakaran dan Dinas Lingkungan Hidup melakukan aksi bersih di Cibinong Situ Plaza, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/6/2023). Kegiatan tersebut untuk mewujudkan kota ramah lingkungan dengan membersihkan sebagian besar danau yang tertutup gulma, tanaman liar dan sampah. (FOTO : ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  --  Sampah masih menjadi persoalan dunia hingga saat ini, bagaimana manusia menyikapi kepedulian sampah dalam menjaga lingkungan di tengah berbagai persoalan. Inilah kegiatan di penjuru dunia menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia jatuh pada Senin (5/6/2023). 

sumber : Dok.Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement