Senin 26 Jun 2023 23:58 WIB

Ibadah Sunnah Tarwiyah Hingga Rukun Haji Wukuf di Arafah

Para jemaah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah pada hari Selasa, (27/6/2023)..

Red: Tahta Aidilla

Tarwiyah merupakan ibadah sunnah yang dilakukan sehari sebelum Wukuf di Arafah tepatnya hari ke-8 bulan Zulhijah, yang menandai dimulainya ibadah haji tahunan.  (FOTO : AP)

Meski mempersilahkan jemaah haji melakukan ibadah sunnah tarwiyah, pemerintah Indonesia tidak memfasilitasi ibadah tersebut. (FOTO : AP Photo/Amr Nabil)

Tarwiyah adalah nama salah satu hari pada bulan Zulhijah. Sayyid Sabiq dalam Kitab Fiqih Sunnah menjelaskan, hari Tarwiyah adalah hari kedelapan Zulhijah. (FOTO : AP)

Ada juga yang mengatakan bahwa Tarwiyah berasal dari kata irtiwa (meminum air hingga puas) (FOTO : AP)

Seluruh jemaah haji Indonesia, baik haji reguler maupun haji khusus, sudah berada di Makkah. Mereka akan menjalani ibadah wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1444 H/27 Juni 2023. (FOTO : pillars.AP Photo/Amr Nabil)

Seluruh jemaah haji Indonesia baik haji reguler maupun haji khusus sudah berada di Makkah. Mereka akan menjalani ibadah wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1444 H/27 Juni 2023. (FOTO : ANTARA FOTO)

Lama waktu wukuf adalah satu hari, yakni pada 9-10 Dzulhijjah. (FOTO : Yogi Ardhi)

Wukuf artinya berhenti, Ini mengisyaratkan segala yang semula bergerak suatu saat akan berhenti. Semua yang hidup akan mati. (FOTO : REPUBLIKA)

Seluruh Jemaah yang sakit dan masih dirawat di KKHI maupun Rumah Sakit Arab Saudi akan disafariwukufkan menggunakan ambulan dan bus.  (FOTO : Dok MCH 2023)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  MEKKAH  --  Pada tahun 2023 ini, Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Senin, 19 Juni 2023. Hal itu berdasarkan hasil sidang itsbat yang dilakukan pada Ahad (18/6/2023) waktu setempat.

Dengan demikian, para jamaah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah pada hari Selasa, (27/6/2023).

 

sumber : Dok Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement