Senin 03 Jul 2023 11:14 WIB

5 Negara dengan Kereta Tercepat di Dunia

Jepang negara pertama yang mengembangkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi..

Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, Baru-baru ini, Kereta Cepat Jakarta Bandung baru diujicoba. Jika proyek ini berjalan lancar ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kereta cepat.

Kereta Cepat Jakarta Bandung tercatat memiliki kecepatan maksimum 385 kilometer per jam. Selain Indonesia, sejumlah negara sudah lebih dulu memiliki kereta cepat. 

Baca Juga

Berikut lima kereta cepat dari lima negara di dunia:

1. Shanghai Maglev: 460km/jam (Cina)

Shanghai Maglev dikenal sebagai Shanghai Transrapid, berada di puncak daftar dengan kecepatan operasi maksimum 460 km/jam dan kecepatan rata-rata 251 km/jam.

2. The ICE 3: 320 km/jam (Jerman)

Kereta ICE 3 beroperasi pada kecepatan lintasan kereta api berkecepatan tinggi maksimum nasional 320km/jam di Jerman.

3. TGV: 320km/jam (Prancis)

Train à Grande Vitesse, atau TGV, merupakan kereta yang sangat ikonik. TGV merupakan pelopor kereta api berkecepatan tinggi di Eropa telah memecahkan rekor untuk kecepatan tertinggi, berulang kali, sejak awal. Modifikasi TGV Pos pada 2007 bahkan memecahkan rekor dunia mencapai 574, 8 km/jam. 

4. Shinkansen: 320km/jam (Jepang) 

Jepang adalah negara pertama yang mengembangkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi khusus. Kereta Shinkansen pertama yang mulai beroperasi pada tahun 1964, memiliki kecepatan operasi maksimum 220 km/jam. Sementara untuk kereta yang beroperasi saat ini mencapai kecepatan operasi tertinggi 320km/jam.

5. Al Boraq: 320km/jam (Maroko)

Ini merupakan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Afrika. Al Boraq, di Maroko, melaju dengan kecepatan 320km/jam di jalur khusus berkecepatan tinggi sepanjang 323 km. Kereta dengan kapasitas penumpang 533 orang ini memangkas setengah waktu perjalanan antara Casablanca dan Rabat.

Sumber: Railway Technology

Pengolah: Gita Amanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement