Ahad 16 Jul 2023 11:10 WIB

 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental   

Berhenti sejenak dari media sosial bisa jadi salah satu cara jaga kesehatan mental..

Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, Ada segunung buku self-help, guru online, dan tren media sosial yang memberi tahu cara meningkatkan kesehatan mental. Ini lima ide terbaik untuk mengatasi kecemasan dan meningkatkan suasana hati, semuanya didukung oleh penelitian terdokumentasi.

1. Bagaimana media sosial memengaruhi

Jika merasa nyaman saat dan setelah menggunakan media sosial, lanjutkan. Jika itu membuat depresi atau meningkatkan kecemasan, berhenti sejenak dari media sosial bisa menjadi cara yang baik.

2. Atur napas

Saran klasik, ketika hidup menjadi sedikit terlalu stres, nasihat pertama yang sering didengar adalah bernapas saja. Seorang profesor psikologi di Trinity College, Dublin, mengatakan ambil napas dalam-dalam adalah obat paling tepat yang dapat diberikan kepada diri sendiri, tanpa efek samping.

3. Kurangi kecemasan dengan yoga

Temuan menunjukkan bahwa yoga, yang aman dan umum, dapat memperbaiki gejala bagi beberapa orang dengan gangguan kecemasan. Hasilnya menunjukkan bahwa 54 persen dari mereka yang yoga melihat gejala mereka membaik dibandingkan dengan 33 persen dalam kelompok yang sering diberi tip dan saran tentang cara mengurangi stres.

4. Berkebun

Sebuah studi dari tahun 2021 menemukan bahwa berkebun hanya dua hingga tiga kali seminggu memaksimalkan kualitas hidup yang lebih baik dan tingkat stres yang lebih rendah.

5. Konsumsi lebih banyak makanan sehat

Makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh kita memainkan peran besar dalam kebahagiaan kita, dengan berbagai makanan bekerja untuk meningkatkan nyali, kekuatan otak, dan suasana hati kita secara keseluruhan. Kurangi atau bahkan berhenti konsumsi makanan ultraproses.

Sumber: Science Focus

Pengolah: Gita Amanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement