Ahad 30 Jul 2023 14:05 WIB

Terpukau Fenomena Embun Upas di Kawasan Dieng

Fenomena embun upas menjadi daya tarik wisata tersendiri di Dieng.

Rep: Wihdan Hidayat/ Red: Edwin Dwi Putranto

Embun es pada rerumputan mulai mencair terkena matahari di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Wisatawan melihat fenomena embun es di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Embun es atau embun upas tipis yang menempel pada rumput di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Wisatawan mencari embun es di lahan pertanian kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Kabut pagi masih menyelimuti kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Pengunjung menunggu sejak fajar untuk melihat fenomena embun es di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Suasana menjelang pagi di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Permukiman masih berselimut kabut di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Kabut pagi mulai turun saat fajar di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

Kabut pagi mulai turun saat fajar di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023). Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya. (FOTO : Republika/Wihdan Hidayat)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, DIENG -- Wisatawan melihat fenomena embun es di kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad (30/7/2023).

Bagi pengunjung kawasan wisata Dieng setiap Bulan Juli dan Agustus merupakan momen yang ditunggu. Selain pemandangan fajar yang memesona juga terkadang muncul bunga es atau embun upas jika suhu mencapai minus pada fajar. Fenomena munculnya bunga es di kawasan Dieng ini bahkan bisa meningkatkan kunjungan sebanyak dua ribu pengunjung setiap harinya.

sumber : Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement