Kamis 10 Aug 2023 17:50 WIB

Melihat Proses Produksi Gula Aren di Pulau Bacan

Produksi gula aren secara tradisional itu membutuhkan waktu tiga jam hingga sehari.

Red: Mohamad Amin Madani

Petani memasukan air aren ke dalam cetakan saat proses pembuatan gula aren di Kampung Makian, Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kamis (10/8/2023). Produksi gula aren secara tradisional itu membutuhkan waktu tiga jam hingga sehari, dan dapat memproduksi sampai 150 cetakan yang dipasarkan ke beberapa daerah yaitu Ternate, Sanana dan Obi, dijual dengan harga Rp 10 ribu per buah. (FOTO : Antara/Andri Saputra)

Petani meletakkan gula aren yang baru dimasak saat proses pembuatannya di Kampung Makian, Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kamis (10/8/2023). Produksi gula aren secara tradisional itu membutuhkan waktu tiga jam hingga sehari, dan dapat memproduksi sampai 150 cetakan yang dipasarkan ke beberapa daerah yaitu Ternate, Sanana dan Obi, dijual dengan harga Rp 10 ribu per buah. (FOTO : Antara/Andri Saputra)

Petani memasak air nira untuk diolah menjadi gula aren saat proses pembuatan gula aren di Kampung Makian, Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kamis (10/8/2023). Produksi gula aren secara tradisional itu membutuhkan waktu tiga jam hingga sehari, dan dapat memproduksi sampai 150 cetakan yang dipasarkan ke beberapa daerah yaitu Ternate, Sanana dan Obi, dijual dengan harga Rp 10 ribu per buah. (FOTO : Antara/Andri Saputra)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Petani memasukan air aren ke dalam cetakan saat proses pembuatan gula aren di Kampung Makian, Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kamis (10/8/2023).

Produksi gula aren secara tradisional itu membutuhkan waktu tiga jam hingga sehari, dan dapat memproduksi sampai 150 cetakan yang dipasarkan ke beberapa daerah yaitu Ternate, Sanana dan Obi, dijual dengan harga Rp 10 ribu per buah.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement