Selasa 15 Aug 2023 16:11 WIB

Resmi Sandang Status Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Chelsea, Sosok Ini Sangat Bahagia

Padahal dia bukan pemain andalan di klub sebelumnya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Chelsea mengumumkan Moises Caicedo sebagai pemain barunya.
Foto: Twitter Chelsea FC
Chelsea mengumumkan Moises Caicedo sebagai pemain barunya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea menuntaskan perekrutan gelandang Ekuador Moises Caicedo pada Senin dengan biaya rekor Liga Primer Inggris yang dilaporkan mencapai 115 juta poundsterling atau setara Rp 2,2 triliun. The Blues mengatakan pemain berusia 21 tahun itu telah menyetujui kontrak delapan tahun di Stamford Bridge, dengan opsi klub untuk satu tahun lagi, setelah Chelsea mengalahkan persaingan dari Liverpool untuk mendapatkan tanda tangannya.  

Ini adalah kedua kalinya Chelsea memecahkan rekor transfer Inggris dalam tujuh bulan setelah menghabiskan 107 juta pound atau setara Rp 2 triliun untuk Enzo Fernandez pada Januari. Liverpool menerima tawaran 110 juta pound pada Jumat setelah Brighton menetapkan tenggat waktu untuk penawaran. Namun, Caicedo menolak kesempatan bergabung dengan The Reds untuk mengejar kepindahan ke The Blues.

Baca Juga

"Saya sangat senang bergabung dengan Chelsea. Saya sangat senang berada di sini di klub besar ini dan saya tidak perlu berpikir dua kali ketika Chelsea memanggil saya, saya hanya tahu saya ingin bergabung dengan klub. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan untuk berada di sini dan saya tidak sabar untuk memulai dengan tim," kata Caicedo dalam pernyataan klub dikutip dari NDTV, Selasa (15/8/2023).

Chelsea dilaporkan akan membayar 100 juta pound awal dengan tambahan 15 juta pound karena bonus terkait kinerja. Kesepakatan itu merupakan keuntungan besar lainnya bagi Brighton, yang menandatangani Caicedo dari Independiente del Valle hanya dengan 4 juta pound pada 2021.

Namun, dia hanya menjadi starter reguler untuk Seagulls selama 18 bulan terakhir setelah menghabiskan paruh pertama musim 2021/2022 dengan status pinjaman di klub Belgia Beerschot. Brighton finis keenam di Liga Primer Inggris musim lalu untuk lolos ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

"Chelsea mendapatkan salah satu gelandang terbaik di dunia. Moises telah menjadi salah satu pemain luar biasa kami selama 18 bulan terakhir," kata direktur teknis Brighton, David Weir.

Chelsea telah menghabiskan hampir 900 juta pound untuk pemain hanya dalam tiga jendela transfer sejak pengambilalihan yang dipimpin oleh salah satu pemilik LA Dodgers Todd Boehly dan grup ekuitas swasta Clearlake Capital. Namun, mereka merosot ke urutan ke-12 di Liga Premier musim lalu – finis terendah sejak 1994.

Pemerintahan manajer baru Mauricio Pochettino dimulai dengan awal yang menjanjikan dalam hasil imbang 1-1 dengan Liverpool pada. "Moises memiliki keahlian lini tengah yang langka dan merupakan pemain yang telah kami targetkan selama beberapa waktu. Kami yakin dia akan membuat dampak yang signifikan di Stamford Bridge musim ini - dan di tahun-tahun mendatang," kata Co-sporting Director Chelsea Laurence Stewart dan Paul Winstanley.

Chelsea bisa bersiap untuk merebut target lini tengah lainnya dari Liverpool dengan Romeo Lavia dari Southampton juga dilaporkan mendukung kepindahan ke Stamford Bridge. Liverpool sangat membutuhkan bala bantuan lini tengah setelah kapten Jordan Henderson dan Fabinho berangkat ke Arab Saudi.

Naby Keita, James Milner dan Alex Oxlade-Chamberlain juga telah meninggalkan Anfield sejak akhir musim lalu setelah kontrak mereka habis. Alexis Mac Allister, yang juga membintangi Brighton musim lalu bersama Caicedo, dan Dominik Szoboszlai adalah dua pemain baru yang direkrut Liverpool sejauh ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement