Ahad 15 Oct 2023 10:25 WIB

Berburu Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari cincin hanya dapat dilihat di sejumlah wilayah di Amerika.

Red: Tahta Aidilla

Gerhana cincin cincin api saat Albuquerque International Balloon Fiesta di Albuquerque, Meksiko, Sabtu, (14/10/2023). (FOTO : Chancey Bush/Albuquerque Journal via AP)

Orang-orang menyaksikan gerhana cincin saat Albuquerque International Balloon Fiesta di Albuquerque, Meksiko, Sabtu, (14/10/2023). (FOTO : Chancey Bush/Albuquerque Journal via AP)

Gerhana cincin terlihat melalui langit berawan sebagian di atas Boise, Sabtu, (14/10/2023). (FOTO : Darin Oswald/Idaho Statesman via AP)

Seorang pria berbaring di tanah untuk menyaksikan gerhana matahari (FOTO : AP/Moises Castillo)

Bulan bergerak dari gerhana matahari cincinny, yang sempat terlihat sekilas di bawah langit berawan sebagian di Boise, Idaho, AS, Sabtu, (14/10/2023). (FOTO : Darin Oswald/Idaho Statesman via AP)

Gerhana matahari sebagian terlihat melalui teleskop, di Marietta, Georgia, Sabtu, (14/10/2023) (FOTO : AP Photo/Mike Stewart)

Pengunjung berkumpul untuk memotret gerhana matahari cincin di Lembah Para Dewa di luar Monumen Nasional Bears Ears di Utah, pada Sabtu, (14/10/2023). (FOTO : Carlos Avila Gonzalez/San Francisco Chronicle)

Seorang pria mengamati gerhana matahari cincin dari kota Guadalajara, di negara bagian Jalisco, Meksiko, Sabtu, (14/10/2023) (FOTO : EPA-EFE/FRANCISCO GUASCO)

Gerhana matahari cincin terlihat dari Gurun Tatacoa, Kolombia, Sabtu, (14/10/2023). (FOTO : AP Photo/Ivan Valencia)

Penonton menggunakan kacamata khusus untuk menyaksikan saat bulan bergerak di depan matahari saat terjadi gerhana matahari cincin atau cincin api, di San Antonio, (FOTO : AP Photo/Eric Gay)

Gerhana matahari sebagian terlihat melalui teleskop di Marietta, Georgia, AS (FOTO : AP Photo/Mike Stewart)

Bulan terlihat di balik awan saat mulai bergerak di depan Matahari saat terjadi gerhana matahari cincin atau cincin api dilihat dari San Antonio, Sabtu, (14/10/2023). (FOTO : AP Photo/Eric Gay)

Pemandangan gerhana matahari dengan patung mantan Presiden Brasil Juscelino Kubitschek, terlihat di luar JK Memorial, di Brasilia, Brasil, Sabtu, (14/10/2023). (FOTO : AP Photo/Eraldo Peres)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO -- Gerhana Matahari cincin yang terkihat di Benua Amerika pada (14/10/2023).

Gerhana Matahari cincin merupakan fenomena langit yang terjadi ketika Bumi, Bulan, dan Matahari berada di satu garis sejajar. Bayangan Bulan akan jatuh di bumi sehingga menutupi penampakan Matahari.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa gerhana Matahari cincin tidak dapat disaksikan di Indonesia dan hanya dapat dilihat di sejumlah wilayah di Amerika.

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement