Selasa 31 Oct 2023 00:05 WIB

Infografis Cara Nabi Muhammad Menjaga Kebersihan Diri

Infografis Cara Nabi Muhammad Menjaga Kebersihan Diri.

Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID,

Mengikuti cara Nabi Muhammad menjaga kebersihan di bisa menghindarkan kita dari penyakit. Ada banyak praktik Islam yang sangat sesuai dengan ilmu kebersihan abad ke-21.

Mencuci tangan

Saat batuk, bersin atau menguap, seorang muslim menutup mulut dan hidungnya dengan saputangan atau tisu, atau tangannya. Nabi Muhammad SAW berpesan untuk mencuci tangan, sebelum sholat, sebelum dan sesudah makan, dan saat bangun di pagi hari.

Mencuci lubang hidung

Nabi Muhammad menasihati untuk menghirup air ke dalam hidung terlebih dahulu setelah bangun tidur di pagi hari dan meniupkannya sebanyak dua atau tiga kali. Pembersihan bagian dalam hidung secara konsisten membantu mencegah pilek, hidung tersumbat kronis, postnasal drop, infeksi sinus yang sering terjadi, asma, dan penyakit pernapasan lainnya.

Menggosok gigi

Nabi SAW memerintahkan orang-orang beriman untuk membersihkan gigi mereka sebelum setiap sholat kecuali karena menurutnya hal itu akan membebani mereka. Penelitian terbaru mengaitkan penyakit gusi (periodontal) dengan risiko penyakit jantung dan strok.

sumber : Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement