Ahad 26 Nov 2023 15:12 WIB

Infografis Tip Maksimalkan Konten Video Pakai Fitur Live Streaming

Live streaming merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan untuk promosi produk.

Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, Fitur siaran langsung atau live streaming kini banyak digunakan pengguna media sosial, khususnya pelaku usaha untuk memasarkan produknya. 

Live streaming merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan membangun komunikasi dengan para konsumen, bahkan untuk mendorong terjadinya penjualan.

Saat mempersiapkan live streaming, UMKM harus memperhatikan hal-hal berikut.

1.Tentukan jenis konten yang ingin dilakukan

 

Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games and challenge, mukbang (untuk produk food and beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.

2.Pilih waktu yang tepat

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.

3.Pilih host yang tepat. 

Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan riasan untuk host perempuan. Hindari penampilan pembawa acara yang seksi dan vulgar.

4.Persiapkan setting dan perlengkapan. 

Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement