Senin 01 Jan 2024 10:08 WIB

Kemeriahan Kembang Api Pergantian Tahun 2024 di Berbagai Negara

Kembang api menjadi identik yang selalu hadir menerangi malam pergantian tahun.

Red: Tahta Aidilla

Kembang api menerangi langit di atas London Eye di pusat kota London untuk merayakan Tahun Baru pada hari Senin, (1/1/2024) (FOTO : AP Photo/Alberto Pezzali)

Orang-orang merayakan tahun baru setelah menghitung mundur hingga 2024 di Beijing, China, Senin, (1/1/2024). (FOTO : AP Photo/Ng Han Guan)

Kembang api meledak di belakang The Arc of Triomphe saat perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Paris, Prancis, Ahad (31/12/2023). (FOTO : EPA-EFE/YOAN VALAT)

Kembang api meledak di gedung Taipei 101 saat perayaan Tahun Baru di Taipei, Taiwan, Senin, (1/1/2024). (FOTO : AP Photo/Chiang Ying-ying)

Kembang api terlihat di Pelabuhan Victoria untuk perayaan Malam Tahun Baru di Hong Kong, Senin, (1/1/2024). (FOTO : EPA-EFE/LEUNG MAN HEI)

Kembang api terlihat di atas Sydney Opera House dan Harbour Bridge saat perayaan Malam Tahun Baru di Sydney, Australia, Senin, (1/1/2024). (FOTO : EPA-EFE/DAN HIMBRECHTS)

Kembang api dan efek cahaya menerangi langit malam dari gedung pencakar langit Taipei 101, saat perayaan Tahun Baru di Taipei, Taiwan, Senin, (1/1/2024). (FOTO : EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO)

Kembang api meletus di Marina Bay Area saat pertunjukan kembang api malam Tahun Baru di perayaan Marina Bay Singapore Countdown 2024 di Singapura, Senin, (1/1/2024). (FOTO : EPA-EFE/HOW HWEE YOUNG)

Orang-orang menonton pertunjukan cahaya yang diproyeksikan di Arc de Triomphe saat mereka merayakan Tahun Baru di Champs Elysees di Paris, Prancis, Prancis, Ahad (31/12/2023). (FOTO : AP Photo/Aurelien Morissard)

Kembang api meledak setelah tengah malam di atas pantai Kuta saat perayaan Tahun Baru di Bali, Senin, (1/1/2024). (FOTO : EPA-EFE/MADE NAGI)

Warga menyaksikan pertunjukan karnaval saat gelaran Car Free Night di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (31/12/2023). Dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan sejumlah atraksi di antaranya 3D video mapping, konfigurasi drone, water mist, Jakarnaval, serta belasan panggung hiburan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Seorang wanita berpose di dekat tanda 2024 di Beijing, Ahad (31/12/2023). (FOTO : AP Photo/Ng Han Guan)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA. -- Tahun baru merupakan perayaan pergantian tahun di mana Bumi telah mengorbit Matahari selama 365 atau 366 hari. Kendati demikian, tahun baru di berbagai belahan dunia dirayakan dalam waktu yang berbeda.

Perayaan pergantian tahun selalu disambut meriah oleh kebanyakan orang, mereka bahkan rela datang ke alun-alun atau pusat kota untuk menikmati berbagai acara khusus yang diselenggarakan.

Berbagai acara digelar disetiap negara berbeda-beda, namun kembang api menjadi identik yang selalu hadir menerangi malam pergantian tahun 2024.

Di negara Prancis malam tahun baru dipusatkan di The Arc of Triomphe, masyarakat rela berdesak-desakkan memeriahkan pergantian tahun. Inggris tidak kalah meriah  lebih dari 10.000 kembang api melesat ke langit malam setelah hitungan mundur Big Ben.

Gedung menjulang tinggipun dimanfaatkan untuk tempat melontarkan kembang api dan penepatan video mapping seperti di Burj Khalifa Dubai dan gedung Taipei 101 di topang keindahan pencahayaan laser menembus langit malam.

Suasana Pantai menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi warga, terlihat perahu speed boat berkumpul diperairan di bawah jembatan Harbour Australia sekaligus dapat melihat kemegahan gedung Sydney Opera House berlatar kembang api. Di Pelabuhan Victoria China juga meluncurkan pesta kembang api hingga Marina Bay Singapura dan tidak kalah meriah warga dan wisatawan juga memadati pantai Kuta di Bali.

Berjalan di pusat kota Jakarta juga meriahkan berbagai acara, seperti Karnaval, panggung hiburan hingga atraksi konfigurasi drone di Bundaran HI dan sepanjang jalan Monas hingga gedung FX.

sumber : EPA, AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement