Sabtu 13 Jan 2024 11:35 WIB

Tarif 4 Ruas Tol Trans Sumatera akan Naik, ini Daftarnya

Kenaikan untuk menjaga keberlangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi.

Red: Tahta Aidilla

Sejumlah kendaraan keluar dari gerbang Tol Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Jumat (12/1/2024). PT Hutama Karya (Persero) akan memberlakukan penyesuaian tarif di empat ruas Jalan Tol Trans Sumatera pada 2024, yaitu Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Tol Palembang – Indralaya, Tol Pekanbaru – Dumai, dan Tol Sigli – Banda Aceh untuk menjaga keberlangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif. (FOTO : ANTARA FOTO/Ampelsa)

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Seksi 5 dan 6 Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Jumat (12/1/2024). PT Hutama Karya (Persero) akan memberlakukan penyesuaian tarif di empat ruas Jalan Tol Trans Sumatera pada 2024, yaitu Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Tol Palembang – Indralaya, Tol Pekanbaru – Dumai, dan Tol Sigli – Banda Aceh untuk menjaga keberlangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif. (FOTO : ANTARA FOTO/Ampelsa)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  ACEH BESAR. --  Kendaraan keluar dari gerbang Tol Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Jumat (12/1/2024).

PT Hutama Karya (Persero) akan memberlakukan penyesuaian tarif di empat ruas Jalan Tol Trans Sumatera pada 2024, yaitu Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Tol Palembang – Indralaya, Tol Pekanbaru – Dumai, dan Tol Sigli – Banda Aceh untuk menjaga keberlangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif.

Adapun mengacu data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung saat ini dikenai tarif Rp 170.500 untuk jarak terjauh bagi kendaraan golongan I (kendaraan pribadi).

Sementara untuk tarif Tol Palembang-Indralaya dengan jarak terjauh dikenai ongkos Rp 20.500. Untuk Tol Pekanbaru-Dumai Rp 118.500, dan tarif Tol Sigli-Banda Aceh Rp 35.000.

Beberapa ruas-ruas yang baru yang dioperasikan pada 2023 lalu oleh Hutama Karya, seperti Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang-Baitussalam), Tol Binjai-Langsa Seksi 2 (Stabat-Kuala Bingai), Tol Indralaya-Prabumulih & Tol Indrapura-Lima Puluh juga masih dioperasikan tanpa tarif atau belum berbayar.

Dengan ruas yang paling lama beroperasi secara gratis saat ini yaitu Tol Sibanceh Seksi 5 & 6 sejak Juni 2023, atau telah lebih dari 7 bulan dioperasikan tanpa tarif.

sumber : ANTARA FOTO/Ampelsa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement