Rabu 17 Jan 2024 06:40 WIB

Infografis Ini yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Hampir semua yang ada di planet ini akan mengalami perubahan drastis. .

Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, Meskipun jarang disadari, bumi berputar setiap saat dengan kecepatan konstan. Bumi berputar 1.000 mph atau 1.600 kilometer per jam.

 Seberapa besar bencana yang mungkin terjadi jika bumi tiba-tiba berhenti berputar?

*Menurut ahli fisika dan astronomi dari Bowling Green State University di Ohio, Andrew Layden, jika bumi secara tiba-tiba berhenti berputar, maka dampaknya akan menjadi bencana besar. 

*Semua benda dan makhluk yang tidak terikat oleh gravitasi planet ini akan terus bergerak dengan kecepatan rotasi rumi saat ini.

 

*Hampir semua yang ada di planet ini akan mengalami perubahan drastis. Kekuatan ekstrem ini kemungkinan besar akan menciptakan tsunami dan gempa bumi, sehingga menimbulkan keadaan krisis bagi seluruh Bumi.

*Jika Bumi melambat dan berhenti secara bertahap, dampaknya juga akan signifikan. Panjang siang dan malam akan lebih lama hingga enam bulan masing-masing. 

*Cuaca akan mengalami perubahan dramatis karena arus udara dan laut sangat dipengaruhi oleh rotasi Bumi.

*Salah satu dampak serius yang mungkin terjadi adalah hilangnya medan magnet yang melindungi Bumi dari radiasi berbahaya luar angkasa karena ilmuwan berpendapat bahwa medan magnet bumi terkait erat dengan rotasi planet ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement