Rabu 17 Jan 2024 10:06 WIB

Festival Film Internasional Berlin akan Digelar, Yuk Intip Cara Pembuatan Pialanya

Terdapat 18 film yang akan bersaing di kompetisi utama yang mewakili berbagai negara.

Red: Tahta Aidilla

Para pekerja menuangkan perunggu cair ke dalam cetakan untuk mencetak piala beruang Berlinale di pabrik pengecoran Hermann Noack Bildgiesserei untuk Festival Film Internasional Berlin ke-74, di Berlin, Jerman, (16/1/2024). (FOTO : EPA)

Seorang pekerja menyiapkan piala beruang Berlinale perunggu yang baru saja dicetak untuk Festival Film Internasional Berlin ke-74 di pabrik pengecoran Hermann Noack Bildgiesserei, di Berlin, Jerman, (16/1/2024). (FOTO : EPA)

Para pekerja menuangkan perunggu cair ke dalam cetakan untuk mencetak piala beruang Berlinale di pabrik pengecoran Hermann Noack Bildgiesserei untuk Festival Film Internasional Berlin ke-74, di Berlin, Jerman, (16/1/2024). (FOTO : EPA)

Berlinale yang hampir selesai membawa piala untuk Festival Film Internasional Berlin ke-74 dalam lokakarya di pabrik pengecoran Hermann Noack Bildgiesserei, di Berlin, Jerman, (16/1/2024). (FOTO : EPA)

Seorang seniman mengerjakan cetakan Beruang Berlin di pabrik pengecoran Hermann Noack Bildgiesserei untuk Festival Film Internasional Berlin ke-74, di Berlin, Jerman, (16/1/2024). (FOTO : EPA)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  BERLIN. --  Festival Film Internasional Berlin atau Berlinale mengumumkan daftar film yang akan memperebutkan penghargaan Golden Bear dan Silver Bears 2023.

Total terdapat 18 film yang akan bersaing di kompetisi utama yang mewakili dari berbagai negara, salah satunya termasuk film anime "Suzume" karya sutradara Makoto Shinkai dari Jepang.

Di festival Berlinale, "Suzume" akan ditayangkan perdana secara internasional, menandai anime pertama yang diputar di kompetisi tersebut setelah "Spirited Away" karya Hayao Miyazaki yang memenangkan Golden Bear pada tahun 2001.

"Suzume" akan bersaing dengan film-film lainnya seperti “Afire” karya sutradara Jerman Christian Petzold, “The Shadowless Tower” karya Sutradara Tiongkok Zhang Lu, hingga "Manodrome” karya sutradara Kanada John Trengove.

Selain kompetisi utama, festival Berlinale juga mengumumkan film-film yang masuk ke jajaran Encounters, bagian kompetisi untuk film-film yang lebih avant-garde dan eksperimental. Salah satu film yang masuk di bagian ini yaitu “In Water” karya sutradara Korea Selatan Hong Sangsoo.

Festival Berlinale ke-73 ini akan berlangsung pada 16-26 Februari 2024, yang dibuka dengan pemutaran perdana film "She Came to Me" karya Rebecca Miller.

Pada tahun ini, festival tersebut mengangkat fokus isu tentang Ukraina dengan menghadirkan dokumenter "Superpower" karya Sean Penn dan Aaron Kaufman yang menyoroti kisah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Film ini hadir sebagai special gala yang berada di luar kompetisi.

sumber : EPA-EFE/HANNIBAL HANSCHKE, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement