Selasa 30 Jan 2024 16:13 WIB

Reparasi Kacamata Pinggir Jalan Masih Menjadi Idaman Sejak 1980

Perlengkapan Hartono untuk mereparasi kacamata tak kalah banyak dan lengkap.

Rep: Prayogi/ Red: Tahta Aidilla

Sri Hartono (kanan) memperbaiki kacamata milik konsumennya di lapak reparasi kacamata di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024). Tempat reparasi kacamata yang telah ada sejak tahun 80-an ini menawarkan biaya reparasi yang terjangkau dengan hasil maksimal. (FOTO : Republika/Prayogi)

Sri Hartono memperbaiki kacamata milik konsumennya di lapak reparasi kacamata di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024). Tempat reparasi kacamata yang telah ada sejak tahun 80-an ini menawarkan biaya reparasi yang terjangkau dengan hasil maksimal. (FOTO : Republika/Prayogi)

Sri Hartono memperbaiki kacamata milik konsumennya di lapak reparasi kacamata di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024). Tempat reparasi kacamata yang telah ada sejak tahun 80-an ini menawarkan biaya reparasi yang terjangkau dengan hasil maksimal. (FOTO : Republika/Prayogi)

Alat kerja untuk memperbaiki kacamata terlihat di lapak reparasi kacamata di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024). Tempat reparasi kacamata milik Sri Hartono yang telah ada sejak tahun 80-an ini menawarkan biaya reparasi yang terjangkau dengan hasil maksimal. (FOTO : Republika/Prayogi)

Konsumen mencoba kacamata yang selesai diperbaiki di lapak reparasi kacamata di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024). Tempat reparasi kacamata milik Sri Hartono yang telah ada sejak tahun 80-an ini menawarkan biaya reparasi yang terjangkau dengan hasil maksimal. (FOTO : Republika/Prayogi)

Sri Hartono (kiri) memperbaiki kacamata milik konsumennya di lapak reparasi kacamata di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024). Tempat reparasi kacamata yang telah ada sejak tahun 80-an ini menawarkan biaya reparasi yang terjangkau dengan hasil maksimal. (FOTO : Republika/Prayogi)

Bengkel kacamata milik Sri Hartono di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024). Tempat reparasi kacamata yang telah ada sejak tahun 80-an ini menawarkan biaya reparasi yang terjangkau dengan hasil maksimal. (FOTO : Republika/Prayogi)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA. --  Sri Hartono memperbaiki kacamata milik konsumennya di lapak reparasi kacamata di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

Tempat reparasi kacamata yang telah ada sejak tahun 80-an ini menawarkan biaya reparasi yang terjangkau dengan hasil maksimal.

Di bawah tenda seadanya menutupi disaat hujan dan panas terik tempat melayani pelanggan. Layaknya peralatan operasi rumah sakit, perlengkapan Hartono untuk mereparasi kacamata tak kalah banyak dan lengkap.

Namun, alat-alat yang dimilikinya sudah ketinggalan zaman. Di antaranya, sejumlah tang berbagai ukuran, bor manual, pingset, sejumlah pisau, amplas, kikir, hingga cairan borax digunakannya kala memperbaiki.

Di sebelah bangku terdapat las yang telah bertahun-tahun digunakan untuk mematri logam pada bingkai kacamata yang patah.

 

sumber : Republika/Prayogi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement