Selasa 30 Jan 2024 17:03 WIB

Apa Pekerjaan Jurgen Klopp Setelah Tinggalkan Liverpool? Ini Bocorannya

Klopp sejauh ini membantah bahwa ia memiliki peran lain di tempat lain.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Fans hold a banner depicting Liverpool
Foto: AP Photo/Jon Super
Fans hold a banner depicting Liverpool

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pekerjaan Jurgen Klopp selanjutnya sepertinya akan menjadi pekerjaan terakhirnya saat ia meninggalkan Liverpool di musim panas. Pada hari Jumat, sang pelatih asal Jerman membuat dunia sepak bola terkejut saat dirinya mengumumkan bahwa musim ini akan menjadi musim terakhirnya di Anfield, meskipun timnya saat ini berada di puncak klasemen Liga Primer dan masih memiliki kesempatan untuk menjuarai tiga kompetisi piala yang berbeda.

Klopp sejauh ini membantah ia memiliki peran lain di tempat lain, alih-alih menyebutkan perlunya istirahat dari sepak bola setelah delapan setengah tahun di Merseyside. Dan dia juga bersumpah untuk tidak mengambil pekerjaan lain di Inggris, mengklaim bahwa dia tidak akan mampu memimpin tim melawan Liverpool.

Baca Juga

Namun pelatih berusia 56 tahun itu telah memberikan indikator kuat mengenai berapa lama dia akan berada di manajemen jika dia diangkat ke posisi lain.  Pada bulan September 2016, yang menandai setahun sejak ia menggantikan Brendan Rodgers di Liverpool, mantan pelatih Borussia Dortmund itu menguraikan batas waktu pensiunnya.

Memprediksi dia akan mengakhiri kariernya di Jerman, ia mengatakan kepada RedaktionsNetwerk: “Saya pasti akan (kembali) untuk hidup, tapi saya tidak tahu apakah saya akan kembali ke sana sebagai pelatih.  Harinya akan tiba ketika saya berkata, 'terima kasih, itu menyenangkan'.

Klopp telah mengukuhkan status legenda di Liverpool setelah membawa klub ini ke Liga Champions 2018/19, diikuti dengan gelar liga utama mereka yang pertama dalam 30 tahun terakhir. Masa jabatannya juga telah membawa klub ini meraih Piala Liga, Piala FA, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Pada pertandingan kandang Piala FA hari Ahad melawan Norwich, ia mendapat sambutan meriah dari para pendukung. Namun, ia menegaskan bahwa tidak ada peluang baginya untuk mengubah keputusannya sebelum akhir musim, terlepas dari keinginan para pendukung.

"Sangat, sangat tidak mungkin saya masih duduk di bangku cadangan saat berusia 60 tahun. Dan, jika di akhir karier saya hanya bisa melatih Mainz, Dortmund, dan Liverpool, maka itu akan menjadi tiga klub yang fantastis," ujarnya.

Yang menarik, Klopp akan mengakhiri masa baktinya bersama the Reds hanya beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-57. Hal itu akan membuatnya hanya memiliki tiga musim dalam permainan, dan mengingat keinginannya untuk beristirahat, pada kenyataannya langkah selanjutnya tidak akan lebih dari dua tahun.

Setelah keputusannya yang mengejutkan, ia telah dikaitkan dengan tim nasional Jerman, dengan Julian Nagelsmann yang akan mengundurkan diri setelah Euro 2024. Bayern Munich juga disebut-sebut sebagai tujuan yang memungkinkan di tengah meningkatnya tekanan pada Thomas Tuchel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement