Jumat 09 Feb 2024 22:50 WIB

Infografis Persiapan Menyambut Ramadhan

Salah satu persiapan menyambut Ramadhan adalah melakukan puasa sunnah..

Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID,

Persiapan Menyambut Ramadhan

Membayar utang Puasa

Jika kita masih punya utang puasa tahun lalu, terutama para wanita yang biasanya berhalangan puasa karena haid. Maka membayar utang puasa yang telah lalu adalah persiapan yang paling wajib dan paling penting dalam menyambut kedatangan bulan Ramadhan.

 

Memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban

Pada bulan Syaban, sebulan sebelum Ramadhan. Rasulullah saw banyak sekali melakukan puasa sunnah pada bulan ini. 

Rasulullah banyak melakukan puasa sunnah pada bulan Syaban dimaksudkan sebagai "latihan puasa" untuk persiapan memasuki puasa ramadhan.

Mulai memperbanyak dan belajar membaca Alquran

Hal ini dimaksudkan sebagai latihan keseriusan membaca alquran sebelum datangnya bulan Ramadhan, yang harus senantiasa kita isi dengan amalan membaca alquran. 

Membekali diri dengan Ilmu-ilmu berkaitan dengan Ramadhan

IImu paling penting berkaitan dengan puasa Ramadhan adalah ilmu yang berkaitan dengan masalah fikih dan keutamaan Ramadhan.

Berdoa agar berjumpa dengan Ramadhan

Berkata Mu’alla bin Al Fadhl “Dulu (para Salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan sebelum datangnya Ramadhan, agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan."

Sumber: Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan oleh Abu Maryam Kautsar Amru, Pengolah: Mabruroh/Hafil, Ilustrator: Ali Imron

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement