Senin 12 Feb 2024 12:32 WIB

Mirip Durian, Buah Empakan Khas Kabupaten Kapuas Hulu

Buah empakan dan buah durian memiliki perbedaan..

Red: Tahta Aidilla

Pedagang memperlihatkan isi buah empakan yang dijualnya di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Ahad (11/2/2024). Buah empakan adalah buah khas Kabupaten Kapuas Hulu yang bentuknya menyerupai durian dan berisi daging yang agak kering serta berwarna oranye dan dijual seharga Rp5 ribu per biji atau Rp10 ribu per tiga biji. (FOTO : ANTARA FOTO/Jessica Wuysang)

Pedagang buah empakan menawarkan dagangannya yang dijual di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Ahad (11/2/2024). Buah empakan adalah buah khas Kabupaten Kapuas Hulu yang bentuknya menyerupai durian dan berisi daging yang agak kering serta berwarna oranye dan dijual seharga Rp5 ribu per biji atau Rp10 ribu per tiga biji. (FOTO : ANTARA FOTO/Jessica Wuysang)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  Pedagang memperlihatkan isi buah empakan yang dijualnya di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Ahad (11/2/2024).

Buah empakan adalah buah khas Kabupaten Kapuas Hulu yang bentuknya menyerupai durian dan berisi daging yang agak kering serta berwarna oranye dan dijual seharga Rp 5.000 per biji atau Rp 10 ribu per tiga biji.

Buah Empakan dan Buah Durian memiliki perbedaan, utamanya secara fisik. Buah empakan bentuknya lebih kecil dari durian, untuk sisik kulit luarnya, buah empakan tidak tajam seperti durian dan daging empakan berwarna oranye, sementara durian berwarna kuning.  

Keberadaan pohon empakan biasanya di wilayah utara, seperti di Kecamatan Putussibau Utara, sementara daerah Selatan ada di Kecamatan Boyan Tanjung, Pengkadan, dan Tepuai. 

 

 

sumber : ANTARA FOTO/Jessica Wuysang
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement