Rabu 26 Jun 2024 23:00 WIB

Demo Tolak Kenaikan Pajak di Kenya Ricuh, Puluhan Orang Dilaporkan Tewas

Aksi penolakan terhadap RUU kenaikan pajak di Nairobi berakhir ricuh.

Red: Edwin Dwi Putranto

Personel Polisi Kenya memukuli seorang pengunjuk rasa saat protes atas usulan kenaikan pajak dalam rancangan undang-undang keuangan di pusat kota Nairobi, Kenya Selasa (25/6/2024). (FOTO : AP Photo/Brian Inganga)

Kerabat melihat jenazah pengunjuk rasa yang diduga ditembak polisi di rumah duka Nairobi, Kenya Rabu 26 Juni 2024. Ribuan pengunjuk rasa menyerbu dan membakar gedung parlemen Kenya pada Selasa untuk memprotes usulan pajak. Polisi membalas dengan tembakan dan beberapa pengunjuk rasa tewas. (FOTO : AP Photo/Brian Inganga)

Seorang pengunjuk rasa melemparkan tabung gas air mata ke arah petugas polisi saat melakukan protes atas usulan kenaikan pajak dalam rancangan undang-undang keuangan yang akan diajukan ke parlemen di Nairobi, Kenya, Kamis, 20 Juni 2024. (FOTO : AP Photo/ Andrew Kasuku)

Massa berpencar saat petugas Kepolisian menembakan gas air mata ke arah massa aksi saat menggelar aksi penolakan rencana kenaikan pajak yang diatur dalam rancangan undang-undang keuangan di pusat kota Nairobi, Kenya, Selasa (25/6/2024). (FOTO : AP Photo/Brian Inganga)

Massa bersembunyi dibalik spanduk saat petugas Kepolisian menembakan gas air mata saat aksi penolakan rencana kenaikan pajak yang diatur dalam rancangan undang-undang keuangan di pusat kota Nairobi, Kenya, Selasa (25/6/2024). (FOTO : AP Photo/Brian Inganga)

Massa menghindari tembakan meriam air saat menggelar aksi penolakan rencana kenaikan pajak yang diatur dalam rancangan undang-undang keuangan di pusat kota Nairobi, Kenya, Selasa (25/6/2024). (FOTO : AP Photo/Brian Inganga)

Edith Wanjiku (kiri) menangis usai melihat jenazah putranya yang diduga ditembak polisi saat mengikuti aksi demonstrasi penolakan kenaikan pajak dalam rancangan undang-undang keuangan di rumah duka Nairobi, Kenya Rabu (26/6/2024). Ribuan pengunjuk rasa menyerbu dan membakar sebagian gedung parlemen Kenya pada Selasa untuk usulan pajak protes. Polisi membalas dengan tembakan dan beberapa pengunjuk rasa tewas. (FOTO : AP Photo/Brian Inganga)

Massa ditembak oleh meriam air saat menggelar aksi penolakan rencana kenaikan pajak yang diatur dalam rancangan undang-undang keuangan di pusat kota Nairobi, Kenya, Selasa (25/6/2024). (FOTO : AP Photo/Brian Inganga)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, NAIROBI -- Massa aksi menggelar demo penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang terkait kenaikan pajak di Nairobi, ibu kota Kenya, Selasa (25/6/2024).

Dalam aksi tersebut, menurut data kelompok Hak Asasi Manusia dilaporkan 22 orang tewas akibat peluru tajam yang menyasar para demonstran. Polisi juga menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan massa.

Demonstrasi dipicu oleh kebijakan pemerintah Kenya yang berencana menambah pendapatan negara dengan menaikan pajak yang diatur dalam rancangan undang-undang keuangan yang divoting oleh anggota parlemen. Massa aksi menilai, kebijakan tersebut akan menghambat perekonomian serta menambah beban hidup warga.

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement