Selasa 09 Aug 2016 13:41 WIB

Tikar Mendong Bagi Jamaah Haji Jabar

.

Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Tikar mendong yang sudah jadi, di Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Senin (8/8). Pemprov Jabar berinisiatif membagikan tikar medong untuk calon jemaah haji Jabar. (Republika/Fuji E Permana) (FOTO : Republika/Fuji E Permana)

Tikar Mendong: Perajin tikar medong memerlihatkan gulungan tikar mendong, di Kelurahan Setianegara, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Senin (8/8). Pemprov Jabar akan membagikan tikar mendong untuk jamaah haji Jabar. (Republika/Fuji E Permana) (FOTO : Fuji E Permana/Republika)

Perajin tikar medong memerlihatkan gulungan tikar mendong, di Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Senin (8/8).Pemprov Jabar akan membagikan tikar mendong untuk jamaah haji Jabar. (Republika/Fuji E Permana) (FOTO : Fuji E Permana/Republika)

Perajin tikar mendong menganyam tikar dengan alat tradisional, di Kelurahan Setianegara, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. (FOTO : Fuji E Permana/Republika)

Perajin tikar mendong menganyam tikar dengan alat tradisional, di Kelurahan Setianegara, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, (FOTO : Fuji E Permana/Republika)

Perajin tikar mendong menganyam tikar dengan alat tradisional, di Kelurahan Setianegara, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, (FOTO : Fuji E Permana/Republika)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, Tikar Mendong terbuat dari pohon mendong merupakan tikar khas buatan Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Akan tetapi pengrajin mendong terus berkurang dari tahun ke tahun. Sehingga, tikar buatan tangan para pengrajin tersebut mulai tidak populer.

Tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) berinisiatif membagi-bagikan tikar mendong kepada para calon jamaah haji asal Jawa Barat. Tikar tersebut sengaja dipesan dari Tasikmalaya untuk memberdayakan para pengrajin mendong. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement