Rabu 05 Oct 2016 16:49 WIB

Empat Ilmuwan dan Budayawan Memperoleh Habibie Award

.

Rep: Wihdan Hidayat Umi Nur Fadhilah/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Presiden RI ke-3 BJ Habibie berbincang bersama Ketua Yayasan SDM IPTEK Habibie Center Wardiman Djojonegoro usai penganugerahan Habibie Award ke-18 di Pendopo Habibie dan Ainun, Jakarta, Rabu (5/10). (FOTO : Republika/ Wihdan Hidayat)

Ketua Yayasan SDM IPTEK Habibie Center Wardiman Djojonegoro memberikan paparan sebelum penganugerahan Habibie Award ke-18 di Pendopo Habibie dan Ainun, Jakarta, Rabu (5/10). (FOTO : Republika/ Wihdan Hidayat)

Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ali Ghufron Mukti memberikan paparan saat penganugerahan Habibie Award ke-18 di Pendopo Habibie dan Ainun, Jakarta, Rabu (5/10). (FOTO : Republika/ Wihdan Hidayat)

Presiden RI ke-3 BJ Habibie (tengah) bersama ketua Yayasan SDM IPTEK Habibie Center Wardiman Djojonegoro (kiri) dan Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ali Ghufron Mukti saat pe (FOTO : Republika/ Wihdan Hidayat)

Presiden RI ke-3 BJ Habibie saat penganugerahan Habibie Award ke-18 di Pendopo Habibie dan Ainun, Jakarta, Rabu (5/10). (FOTO : Republika/ Wihdan Hidayat)

Empat tokoh Guru Besar FMIPA ITB Hendra Gunawan, Peneliti Farmasi Raymond Rubianto Tjandrawinata, Guru Besar Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB Tommy Firman, dan Budayawan Sapardi Djoko Damono menerima Habibie Award (FOTO : Republika/ Wihdan Hidayat)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, Yayasan Pembinaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SDM Iptek) menganugerahi Habibie Award Periode kepada empat orang-orang yang dinilai berkontribusi pada pengembangan iptek dan kebudayaan di Indonesia.

 

Ilmuwan yang menerima penghargaan yakni, pertama, Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB, Hendra Gunawan. Ia mendapat anugerah di bidang Ilmu Dasar. Kemudian Raymond Rubianto Tjandrawinata dalam bidang ilmu kedokteran dan bioteknologi. Ia menemukan tujuh produk farmasi, empat hak paten dalam negeri dan 16 hak paten dari berbagai negara. 

 

 

Penerima anugerah lainnya adalah  Tommy Firman yang berprestasi dalam bidang ilmu rekayasa. Ia merupakan Guru Besar Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB. Terakhir, Sapardi Djoko Damono yang dinilai berperan dalam bidang Ilmu Kebudayaan. Ia aktif menerbitkan buku  sejak 1957. 

 

Penyerahan Habibie Award untuk kali ke-18 ini dilakukan di Pendopo Habibie dan Ainun, Jakarta, Rabu (5/10).Turut hadir dalam penyerahan anugerah tersebut presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

 

Ketua Yayasan SDM Iptek Wardiman Djojonegoro mengatakan, keempat sosok yang mendapat Habibie Award masing-masing juga menerima hadiah sebesar 25 ribu dolar AS, sertifikat dan medali.

 

Habibie Award diberikan pada orang-orang yang dinilai sangatbaktif dan berjasa besar dalam menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan berbagai kegiatan iptek. Serta, bermanfaat secara berarti bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan dan perdamaian. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement