Rabu 01 Feb 2017 23:54 WIB

International Hijab Day

.

Rep: Republika Foto, Wire/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Wanita Alabania (kiri) berpose setelah mengenakan hijab di sela peringatan World Hijab Day di Tirana, Albania, Rabu (1/2). Setiap 1 Februari diperingati sebagai hari Hijab se-Dunia sejak 2012. (FOTO : Armando Babani/EPA)

Muslimah Bosnia berkaca setelah mengenakan hijab di sela peringatan World Hijab Day di Sarajevo Bosnia, Rabu (1/2). Setiap 1 Februari diperingati sebagai hari Hijab se-Dunia sejak 2012. (FOTO : Amel Emric/AP)

Muslimah Bosnia berbicara dengan rekannya di sela peringatan World Hijab Day di Sarajevo Bosnia, Rabu (1/2). Setiap 1 Februari diperingati sebagai hari Hijab se-Dunia sejak 2012. (FOTO : Amel Emric/AP)

Wanita Alabania berswafoto setelah mengenakan hijab di sela peringatan World Hijab Day di Tirana, Albania, Rabu (1/2). Setiap 1 Februari diperingati sebagai hari Hijab se-Dunia sejak 2012. (FOTO : Armando Babani/EPA)

Seorang mode memperagakan pakaian hijab rancangan Jeny Tjahyawati pada acara Indonesai Fashion Week di Jakarta, Rabu (1/2). Setiap 1 Februari diperingati sebagai hari Hijab se-Dunia sejak 2012. (FOTO : Adi Weda/EPA)

Muslimah dengan memakai hijab melakukan aktifitas di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (1/2) (FOTO : Republika/ Yasin Habibi)

Sejumlah prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (KOWAL) memakai pakaian dinas harian (PDH) dengan hijab disela peringatan HUT ke-54 KOWAL di Dermaga Ujung, Makoarmatim, Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu (FOTO : Moch Asim/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejenak kita tingalkan ingar bingar politik hari ini untuk kembali mengingat Hari Hijab se-Dunia. Hari Hijab Dunia diinisiasi oleh penduduk asli New York,  Nazma Khan. Ia memulai gerakan ini dengan maksud untuk memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat global tentang keberadaan jutaan perempuan Muslim di seluruh dunia.

 

Pada 1 Februari 2013 ia meminta perempuan dari semua agama di seluruh dunia untuk mengenakan jilbab selama satu hari. Dalam waktu delapan hari, dia mendapat tanggapan dari wanita  dengan latar belakang agama yang berbeda dari 67 negara.  

 

Tahun ini muslimah di beberapa negara menggelar acara peringatan Hari Hijab se-Dunia ini dengan berbagai kegiatan. Umumnya berupa ajakan kepada wanita lain dari berbagai kalangan untuk mencoba mengenakan hijab.

 

Untuk Indonesia sebagai salah satu  negara dengan mayoritas penduduk muslim, peringatan  tahun ini tampaknya luput perhatian. Namun beberapa minggu lalu Korps Wanita Angkatan Laut resmi meluncurkan 8 jenis seragam berhijab bagi prajurit-prajurit wanitanya.

sumber : Republika Foto, Wire
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement