Kamis 06 Apr 2017 23:49 WIB

Indahnya Cincin Planet Saturnus

.

Rep: Reuters/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Foto ultraviolet cincin yang mengelilingi Planet Saturnus yang diambul oleh wahana angkasa Cassini yang mengorbit di sekitar planet tersebut. (FOTO : University of Colorado, LASP/NASA/REUTERS)

Gambaran detail cincin yang mengelilingi Planet Saturnus yang diambil oleh wahana angkasa Cassini yang mengorbit di sekitar planet Satrunus. Warna-warna yang ada menunjukkan ukuran partikel cincin tersebut yang diukur oleh gelombang sinyal radio dari wahana Cassini. (FOTO : University of Colorado, LASP/NASA/REUTERS)

Gambaran atmosfer dipermukaan planet Saturnus. Tampak di bagian utara terdapat awan badai yang sangat besar. (FOTO : University of Colorado, LASP/NASA/REUTERS)

Lima satelit / bulan Planet Saturnus yang mengorbit diambil oleh wahana angkasa Cassini yang mengorbit di sekitar planet tersebut. (FOTO : University of Colorado, LASP/NASA/REUTERS)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, COLORADO -- Saturnus adalah planet terbesar kedua yang ada di sistem tata surya kita. Keunikan planet ini karena Saturnus satu-satunya planet yang memiliki cincin yang mengitari di sekelilingnya. Waktu yang ditempuh planet ini untuk mengitari matahari (Satu tahun Saturnus) adalah 29,46 tahun. 

 

NASA bekerja sama dengan beberapa lembaga antariksa lain meluncurkan wahana angkasa Cassini yang mengorbit dan mengirimkan gambar-gambar planet tersebut ke bumi. Gambar yang diambil menggunakan berbagai macam cara mulai dari sinyal radio hingga sinar UV untuk menghasilkan citra untuk kebutuhan penelitan yang berbeda. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement