Senin 17 Apr 2017 14:19 WIB

Babak Baru Turki Pascareferendum

.

Rep: Republika, AP Photo/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Warga Turki meninggalkan bilik suara di TPS referendum Turki di Istanbul (16/4) (FOTO : Emrah Gurel/AP)

Petugas TPS setempat menunjukkan surat suara referendum Turki di Istanbul (16/4) (FOTO : Emrah Gurel/AP)

Massa pendukung referendum Turki yang mendukung sistem presidensiil merayakan hasil referendum di Istanbul (16/4) (FOTO : Emrah Gurel/AP)

Warga Turki yang menolak hasil referendum membawa spanduk bertuliskan 'jangan patuhi' di Istanbul (16/4) (FOTO : Lefteris Pitarakis/AP)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan pidato terkait pelaksanaan referendum Turki di Istanbul (16/4) (FOTO : Lefteris Pitarakis/AP)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA --Turki memasuki babak baru dalam sistem pemerintahannya setelah referendum. Hasil referendum yang diumumkan KPU setempat menunjukkan kemenangan pendukung perubahan sistem pemerintahan dari parlementer menjadi presidensiil. Untuk pertama kali jabatan perdana menteri di Turki akan dihapus. Sementara jabatan wakil presiden akan muncul.

Sistem pemerintahan baru Turki disebut oleh sejumlah kritikus membuat Erdogan memiliki kekuatan lebih besar atas negara yang terletak di antara Asia dan Eropa itu. Dari jumlah penghitungan suara referendum, setidaknya 51,4 persen pemilih menyatakan setuju dengan rencana tersebut dan 48,63 persen menolak.

sumber : Republika, AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement