Kamis 01 Jun 2017 23:41 WIB

Peringatan Hari Jadi Pancasila

.

Rep: Republika, Antara Foto/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Spanduk bertuliskan lima sila Pancasila disertai ayat-ayat Alquran dan artinya terpampang di Jalan Pejaten Raya Jakarta Selatan, Kamis (1/6). Tanggal 1 Juni kembali diijadikan hari libur nasional sebagai Hari Jadi Pancasila setelah sempat ditiadakan di era Soeharto. (FOTO : Yogi Ardhi/Republika)

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Mustari Irawan (kedua kanan) meninjau pameran arsip naskah dan foto dokumentasi pada peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (1/6). Presiden menekankan tentang keberagaman suku bangsa, agama dan ras yang ada di Indonesia tetapi tetap harus bersatu membangun bangsa. (FOTO : Puspa Perwitasari/Antara)

Warga berswafoto di Taman Perenungan Bung Karno di Kota Ende, NTT, Kamis (1/6). Taman tersebut merupakan taman dimana Bung Karno merenungkan butir-butir Pancasila saat diasingkan oleh kolonial Belanda pada tahun 1934-1938 (FOTO : Kornelis Kaha/Antara)

Sejumlah anak dari Sakola Ra'jat Inggit Garnasih menari dan bernyanyi dalam rangka peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Gedung Indonesia Menggugat Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/6). Acara yang diselenggarakan Sakola Ra'jat Inggit Garnasih dan Kelompok Pasewakan pengikut ajaran Mama Mei Kartawinata merupakan bentuk pemahaman dan menumbuhkan semangat kebhinekaan kepada anak-anak berbagai lintas agama dan golongan (FOTO : Agus Bebeng/Antara)

arga berdoa saat acara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2017 di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Kamis (1/6). Acara yang dihadiri oleh ribuan warga dari berbagai elemen itu menjadi upaya dari masyarakat DIY untuk berkomitmen memupuk, memelihara visi kebangsaan yang berlandaskan Proklamasi 17 Agustus 1945, Pancasila, UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika (FOTO : Andreas Fitri Atmoko/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk pertama kali secara nasional peringatan Hari Jadi Pancasila menjadi hari libur nasional. Berbagai kegiatan untuk memperingati hari ini digelar. Mulai dari upacara kenegaraan oleh presiden, pagelaran seni, hingga sekedar memasang spanduk bertemakan Pancasila dan Islam. Berikut berita foto selengkapnya peringatan hari jadi Pancasila.

sumber : Republika, Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement