Senin 12 Jun 2017 22:00 WIB

Kesederhanaan Madrasah di Darfur, Sudan

.

Rep: Reuters/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Bocah Sudan dan sabak kayu untuk belajar menulis Alquran di selatan Kota Darfur, Sudan. (FOTO : Mohamed Nureldin Abdallah/Reuters)

Guru mengaji mengajarkan Alquran di tempat pengajian setempat di selatan Kota Darfur, Sudan. (FOTO : Mohamed Nureldin Abdallah/Reuters)

Siswi menuliskan ayat Alquran di atas sabak kayu di selatan Kota Darfur, Sudan. (FOTO : Mohamed Nureldin Abdallah/Reuters)

Suasana tempat belajar mengaji bagi anak-anak di selatan Kota Darfur, Sudan. (FOTO : Mohamed Nureldin Abdallah/Reuters)

Guru mengaji memeriksa hasil tulisan santrinya di selatan Kota Darfur, Sudan. (FOTO : Mohamed Nureldin Abdallah/Reuters)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, DARFUR -- Mempelajari Alquran sejatinya wajib dilakukan oleh umat muslim di manapun dalam kondisi apapun. Sebuah madrasah di selatan Kota Darfur, Sudan, tampaknya mencerminkan hal tersebut. Madrasah ini digelar di ruang terbuka di dataran kering Afrika di Sudan.

 

Murid-muridnya duduk di atas tanah dengan seorang ustadz yang mengajarkan berbagai pelajaran agama Islam. Ketika kemajuan teknologi digital telah merambah berbagai aspek kehidupan beragama dengan berbagai produk Quran Digital dan applikasi Alquran di ponsel cerdas dan sabak digital. Siswa di madrasah ini masih menggunakan sabak kayu. Bilah papan kayu tempat mereka berlatih menulis dan membaca.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement