Jumat 16 Jun 2017 22:53 WIB

Perjuangan Warga Palestina untuk Shalat Jumat di Al Aqsa

.

Rep: EPA, Reuters/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Seorang wanita Palestina melintasi pos pemeriksaan militer Israel di Qalandia menuju kawasan kompleks Al Quds di Jerusalem, Jumat (16/6). Israel melakukan pengawasan ketat termasuk menentukan siapa yang boleh memasuki komples masjid Al Aqsa tersebut. (FOTO : Mohamad Torokman/Reuters)

Warga Palestina berjalan melaui tembok pemisah di pos pemeriksaan menuju kawasan kompleks Al Quds di Jerusalem, Jumat (16/6). Israel melakukan pengawasan ketat termasuk menentukan siapa yang boleh memasuki komples masjid Al Aqsa tersebut. (FOTO : ABED AL HASHLAMOUN/EPA)

Seorang warga Palestina ditangkap tentara Israel karena mencoba menerobos pos pemeriksaan menuju kawasan kompleks Al Quds di Jerusalem, Jumat (16/6). Israel melakukan pengawasan ketat termasuk menentukan siapa yang boleh memasuki komples masjid Al Aqsa tersebut. (FOTO : Alaa Badarneh/EPA)

Ratusan warga Palestina mengantre di pos pemeriksaan militer Israel menuju kawasan kompleks Al Quds di Jerusalem untuk melaksanakan Shalat Jumat, Jumat (16/6). Israel melakukan pengawasan ketat termasuk menentukan siapa yang boleh memasuki komples masjid Al Aqsa tersebut. (FOTO : Mussa Qawasma/Reuters)

Warga Palestina digiring melintasi pos pemeriksaan menuju kawasan kompleks Al Quds di Jerusalem, Jumat (16/6). Israel melakukan pengawasan ketat termasuk menentukan siapa yang boleh memasuki komples masjid Al Aqsa tersebut. (FOTO : Mussa Qawasma/Reuters)

Seorang wanita Palestina diperiksa di pos pemeriksaan Betlehem menuju kawasan kompleks Al Quds di Jerusalem, Jumat (16/6). Israel melakukan pengawasan ketat termasuk menentukan siapa yang boleh memasuki komples masjid Al Aqsa tersebut. (FOTO : ABED AL HASHLAMOUN/EPA)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, TEPI BARAT -- Menunaikan shalat Jumat bagi warga muslim laki-laki adalah kewajiban. Di beberapa negara mayoritas berpenduduk muslim pelaksanaan kewajiban ini mungkin merupakan 'hal biasa'. Namun di negera terjajah seperti Palestina perjalanan untuk menuju masjid tempat shalat Jumat memerlukan perjuangan tersendiri.

 

Militer Israel menetap aturan ketat bagi warga Palestina yang akan memasuki kawasan suci bagi agama Islam, Kristen dan Yahudi ini. Bagi warga muslim Palestina hanya lelaki berumur lanjut, wanita dan anak-anak yang bisa lebih mudah memasuki Al Quds. Bagi pria berusia di bawah 40-50 tahun tidak bisa memasuki area masjid Al Aqsa dengan berbagai alasan.

sumber : EPA, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement