Sabtu 12 Aug 2017 22:49 WIB

Peserta Fun Science Republika Belajar Membuat 'Pelangi'

.

Rep: Wihdan Hidayat, Muhyiddin/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Peserta Republika Fun Science berfoto bersama usai kegiatan bermain sambil belajar. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Instruktur memberikan penjelasan kepada perserta Republika Fun Science. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Perserta Republika Fun Science berinteraksi dengan peserta lain dalam sesi SUdoku. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Reaksi warna yang terjadi di atas cawan petri pada percobaan yang dilakukan perserta Republika Fun Science. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Peserta Republika Fun Science meneteskan cairan dari dalam pipet ke tabung reaksi. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan anak sekolah dasar mengikuti kegiatan Republika Fun Science di Gedung Republika, Warung Buncit, Jakarta, Sabtu (12/8). Acara ini menjadi ajang liburan bagi anak-anak sambil belajar ilmu pengetahuan alam dan matematika.

Sekitar pukul 09.00 WIB, tampak para orang tua siswa memenuhi gedung lantai dasar gedung Republika. Ibu-ibu tersebut menunggu anak-anak mereka yang sedang bermain bersama beberapa guru dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Di dalam ruangan, tampak anak-anak tengah sibuk belajar berkelompok. Di sekitar mereka terdapat beberapa alat permainan pelajaran IPA dan Matematika. Kegiatan kali ini bertema 'Belajar dengan Permainan Sudoku, PBM, Tangram, juga Roket Kantung Teh dan Pelangi'.

Saat mengajar siswa, Ina mencoba memperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk membuat pelangi, seperti tujuh buah gelas, tanung reaksi atau mangkuk, dan pipet. Dengan pelajaran ini, kata dia, anak-anak akan dapat membuat pelangi sendiri di rumah.

Sebelum anak-anak mempraktikkan, dia pun mempersiapkan bahan yang terdiri dari air, sabun cair, dan pewarna makanan (merah, kuning, dan biru). Setelah itu, puluhan anak-anak itu pun dibagi beberapa kelompok untuk belajar. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement