Selasa 10 Oct 2017 23:27 WIB

Melestarikan Batik Khas Betawi di Bekasi (1)

.

Rep: Yasin Habibi/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Pekerja Seraci Batik Betawi mewarnai beberapa bagian kain batik bermotifkan khas budaya Betawi. (FOTO : Yasin Habibi/Republika)

Pekerja Seraci Batik Betawi mencanting batik bermotifkan unsur budaya Betawi khususnya di Bekasi. (FOTO : Yasin Habibi/Republika)

Pekerja Seraci Batik Betawi memadukan unsur budaya Betawi Bekasi yang berbaur dengan budaya Sunda. (FOTO : Yasin Habibi/Republika)

Beragam motif cetakan Batik Betawi bermotifkan khas budaya Betawi. (FOTO : Yasin Habibi/Republika)

Pekerja Seraci Batik Betawi menjemur kain batik bermotifkan khas budaya Betawi. (FOTO : Yasin Habibi/Republika)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Batik merupakan kain khas Nusantara, yang bisa ditemui diberbagai wilayah. Hampir setiap daerah memiliki motif batiknya tersendiri, seperti Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon, bahkan Makassar. Motif batik dari masing-masing daerah tersebut menjadikannya identitas daerah masing-masing daerah.

Beberapa daerah motif batiknya tidak sepopuler motif batik daerah lain yang telah dikenal sebagai sentra batik. Bekasi, sebagai kota satelit ibukota memiliki motf batik tersendiri. Entitas etnis Betawi di kawasan ini mengembangkan motif batik sendiri. 

Produksi batik di Kampung Kebon Kelapa, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Marunda, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Di tempat tersebut, Rumah Batik Seraci Betawi melakukan produksi batik khas Betawi Bekasi. Motif baju batik Seraci ini dapat disebut sebagai motif baju batik yang memadukan budaya yang ada di kota Bekasi yaitu budaya Betawi dan budaya Sunda. 

sumber : Republika Foto
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement