Jumat 24 Nov 2017 22:45 WIB

Pesta Adat Bobby-Kahiyang Digelar Semalam Suntuk

.

Rep: Issha Harruma, Septianda Perdana/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (depan, kedua kanan) bersama suaminya Bobby Afif Nasution mengikuti ritual adat "Mangalo-alo Mora" pada ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11). Mangalo-alo Mora merupakan salah satu rangkaian prosesi adat Batak Mandailing dalam rangkaian acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution. (FOTO : Septianda Perdana/ANTARA)

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (kedua kanan) bersama suaminya Bobby Afif Nasution mengikuti ritual adat "Mangalo-alo Mora" pada ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11). Mangalo-alo Mora merupakan salah satu rangkaian prosesi adat Batak Mandailing dalam rangkaian acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution. (FOTO : Septianda Perdana/ANTARA)

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (kedua kanan) bersama suaminya Bobby Afif Nasution memegang Ethes anak Gibran Rakabuming di sela ritual adat "Mangalo-alo Mora" pada ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11). (FOTO : Septianda Perdana/ANTARA)

Putra Joko Widodo, Gibran Rakabuming melakukan Manortor ketika mengikuti ritual adat "Mangalo-alo Mora" pada ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11). Mangalo-alo Mora merupakan salah satu rangkaian prosesi adat Batak Mandailing dalam rangkaian acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution. (FOTO : Septianda Perdana/ANTARA)

Sejumlah kerabat dan keluarga marga Siregar membawa persembahan Itak Godang ketika mengikuti 'ngunduh mantu' pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, di Medan, Sumatra Utara, Jumat (24/11). Itak Godang adalah barang bawaan berbungkus kain ulos warna hitam dan merah yang dibawa oleh para ibu pihak keluarga Siregar. Bungkusan ini berisi aneka makanan khas suku Mandailing untuk persembahan khusus dari pihak keluarga marga Siregar kepada pihak pengantin. (FOTO : Septianda Perdana/ANTARA)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Manopot horja atau pesta adat Bobby Nasution-Kahiyang Ayu di Medan digelar di kediaman keluarga Bobby di Bukit Hijau Regency, kompleks Taman Setiabudi Indah, hari ini, Jumat (24/11). Rangkaian prosesi adat telah dimulai dengan penyembelihan kerbau (Manalpokkon lahan ni horja) sekitar pukul 06.20 WIB.

Penyembelihan ini disaksikan oleh para keluarga serta pengetua-pengetua adat yang hadir. Sebelum prosesi, kerbau yang disembeli itu pun terlihat dibaluti dengan selembar kain ulos.

"Dalam adat Mandailing, kelas itu ditunjukkan oleh apa yang dipotong. Landasan acara itu yang paling tinggi tingkatannya kalau yang dipotong kerbau," kata Darmin Nasution sebagai Suhut Kahanggi atau pemilik acara, Jumat (24/11).

Setelah selesai Manalpokkon lahan ni horja, para pengetua adat kemudian memberikan kata sambutan sebagai penutup acara adat pertama tersebut. Acara lalu dilanjutkan dengan Manyantan gordang sambilan dohot gondang atau penabuhan gordang sambilan dan gendang. Acara ini digelar di tenda utama di sebelah rumah Bobby.

sumber : Republika, Antara Foto
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement