Ahad 11 Feb 2018 23:58 WIB

Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang

Revitalisasi diperlukan untuk mempercantik rumah adat.

Rep: Iman Firmansyah, Gumanti Awalyah/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Warga berjalan di kawasan seribu rumah gadang, Solok Selatan, Suamtera Barat, Sabtu (10/2). (FOTO : Republika/Iman Firmansyah)

Aktivitas warga sedang memberishkan pekarangan rumah di kawasan seribu rumah gadang, Solok Selatan, Suamtera Barat, Sabtu (10/2). (FOTO : Republika/Iman Firmansyah)

Kondisi rumah gadang yang sudah tidak ditempati oleh sang pemilik di kawasan seribu rumah gadang, Solok Selatan, Suamtera Barat, Sabtu (10/2). (FOTO : Republika/Iman Firmansyah)

Bermain. Anak sedang bermain di kawasan seribu rumah gadang, Solok Selatan, Suamtera Barat, Sabtu (10/2). (FOTO : Republika/Iman Firmansyah)

Rumah Gadang Gajah Maram di kawasan seribu rumah gadang, Solok Selatan, Suamtera Barat, Sabtu (10/2). (FOTO : Republika/Iman Firmansyah)

Rumah Gadang Gajah Maram di kawasan seribu rumah gadang, Solok Selatan, Suamtera Barat, Sabtu (10/2). (FOTO : Republika/Iman Firmansyah)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG --Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan revitalisasi Kawasan Kampung Adat Saribu Rumah Gadang yang merupakan kawasan cagar budaya di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Kekaguman pada keindahan arsitektur rumah gadang diakuinya menjadi sebagai salah satu alasan untuk merevitalisasi total kawasan tersebut. "Saya ingat betul waktu dari Kerinci lewat ke perkampungan Solok Selatan, saya kagum akan tradisi rumah adat yang sangat cantik dan sangat indah sekali," ungkap Presiden.

Selain revitalisasi Rumah Gadang, Presiden juga meminta Kementerian PUPR untuk menata kawasan Desa Pariangan di Kabupaten Tanah Datar. Sebab, kawasan tersebut memiliki keindahan yang luar biasa cantik. Sehingga, revitalisasi diperlukan untuk mempercantik rumah adat baik di Solok Selatan maupun Desa Pariangan.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement