Kamis 22 Mar 2018 23:48 WIB

Anambas, Pesona Lautan di Barat Indonesia (2)

Anambas bisa menjadi 'Raja Ampat' di wilayah Indonesia bagian barat..

Rep: Putra M Akbar/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Gugus Kepulauan Anambas tampak dari ketinggian. (FOTO : Putra M Akbar)

Perahu cepar bersandar di dermaga pelabuhan Matak di Kepulauan Anambas (FOTO : Putra M Akbar)

Pasir putih di Pantai Padang Melang Kepulauan Anambas bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. (FOTO : Putra M Akbar)

Pantau putih dengan latar pemukiman warga di Kelurahan Letung, kecamatan Jemaja,Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri. (FOTO : Putra M Akbar)

Dermaga Pelabuhan Matak Kabupaten Kepulauan Anambas (FOTO : Putra M Akbar)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, ANAMBAS -- Anambas sendiri memiliki total 255 pulau, dari keseluruhan tersebut hanya 26 pulau yang telah dihuni dan 249 pulau yang masih kosong. Maka tidak heran, perahu menjadi salah satu moda transportasi utama bagi warga untuk menjalani aktivitas apabila akan berpergian ke pulau-pulau tetangga.

 

Secara demografis, wilayah di Kepulauan Anamabas terdiri dari 1,3 persen daratan dan 89 persen lebih terdiri dari lautan, maka tidak heran permukiman warga di Anambas memiliki keunikan tersendiri layaknya rumah panggung terapung yang berdiri diatas lautan biru.

 

Warga di Kepulauan sebagian didominasi memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan jasa penyeberangan kapal bagi warga dan wisatawan yang berkunjung ke Anambas. Dengan potensi bahari yang dimilikinya, Anambas bisa menjadi Raja Ampat di wilayah Indonesia Bagian Barat apabila pariwisatanya dikelola dengan baik secara optimal.

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement