Senin 02 Apr 2018 23:40 WIB

Anwar Usman Dilantik sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi

Dilantik Jadi Ketua MK, Anwar Usman: Innalillahi.

Rep: Putra M Akbar, Febrian Fachri/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Terpilih Anwar Usman saat mengucap sumpah jabatan di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4). (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Terpilih Anwar Usman (kiri) usai mengucap sumpah jabatan di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4). (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Terpilih Anwar Usman (kiri) usai menandatangani berita acara pengucapan sumpah jabatan di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4). (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Terpilih Anwar Usman (tengah) dan Aswanto (kiri) bersama Mantan Ketua MK Arief Hidayat (kanan) memberikan sambutan usai mengucap sumpah jabatan di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4). (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyalami (kiri) Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Terpilih Anwar Usman (kedua kiri) usai mengucap sumpah jabatan di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4). (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Terpilih Anwar Usman (kiri) dan Aswanto (kanan) berjabat tangan usai mengucap sumpah jabatan di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4). (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anwar Usman resmi menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), setelah dilantik di Gedung MK pada Senin (2/4). Setelah dilantik, kalimat pertama yang keluar dari mulut hakim asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), itu adalah kalimat yang biasa disebut umat Islam setiap kali mendapat musibah.

"Innalillahi wa inna Ilaihi rojiun. Seseungguhnya segala sesuatu datang dari Allah dan akan kembali kepadanya," kata Anwar dalam kata sambutannya selepas dilantik menjadi Ketua MK di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (2/4).

Anwar yang sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua MK di bawah Arief Hidayat mengatakan, dirinya sengaja melontarkan kalimat itu karena jabatan yang ia emban sebenarnya atas kehendak Allah SWT. Karena bagi Anwar, jabatan yang dipercayakan kepadanya sebenarnya adalah ujian dari Allah SWT. Hakim berusia 61 tahun itu merasa diuji Allah untuk berbuat amanah sebagai Ketua MK.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement