Rabu 23 May 2018 23:40 WIB

Merapi Kembali Keluarkan Letusan Freatik pada Rabu Pagi

Letusan ini menjadi yang kelima kalinya, dalam tiga hari terakhir..

Rep: Wahyu Suryana, Antara Foto/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Anggota SAR DIY memantau puncak Gunung Merapi dari pos pantau Klangon di Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (23/5). Pasca letusan freatik pada pukul 13.49 WIB dengan durasi dua menit tim SAR melakukan pemantauan langsung puncak Gunung Merapi agar masyarakat tetap merasa aman. (FOTO : Hendra Nurdiansyah/Antara)

Siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dengan mengenakan masker di SD Negeri Banyudono, Dukun, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (23/5). (FOTO : Anis Efizudin/Antara)

Penambang menaikkan pasir ke dalam bak truk di aliran Kali Woro lereng Gunung Merapi, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (23/5). (FOTO : Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Seorang petani membersihkan tanaman sayuran dari abu vulkanis Gunung Merapi di persawahan Desa Dukun, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (23/5). (FOTO : Antara/Anis Efizudin)

Petugas BPBD Jawa Tengah memeriksa sarana dan prasarana Tempat Evakuasi Akhir (TEA) kerja sama Desa Ngargosoko dengan Desa Tamanagung di Komplek Balai Desa Tamanagung, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (23/5). (FOTO : Anis Efizudin/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gunung Merapi kembali memuntahkan letusan freatik pada Rabu (23/5) pagi. Letusan yang terjadi sekitar pukul 03.31 ini menjadi yang kelima kalinya, dalam tiga hari terakhir sejak Senin (21/5) lalu.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan, letusan freatik pagi tadi terjadi selama empat menit dengan ketinggian 2.000 meter. Pantauan PGM Jrakah dan PGM Kaliurang letusan mengarah ke barat daya.

Laporan cuaca Stasiun Pasar Bubar, angin bertiup sedang hingga kencang ke arah barat daya. Suhu dari PGM Jrakah berada di 21 derajat celcius, dengan kelembaban 62 persen rh, tekanan udara 869,6 hpa dan kecepatan angin 23,5 kilometer per jam.

sumber : Republika, Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement