Selasa 04 Dec 2018 15:37 WIB

Luka Modric Raih Ballon d'Or

Mbappe dan Ada Hergerberg raih Piala Kope dan Ballon d'Or Feminin.

Rep: Arif Satrio Nugroho, Christophe Ena/AP/ Red: Yogi Ardhi

Gelandang Real Madrid Luka Modric (kiri) bersama legenda Newcastle United David Ginola (kanan) setelah menerima Ballon d'Or pada acara seremoni penyerahan Golden Ball di Grand Palais, Paris, Perancis, Selasa (4/12) dini hari, (FOTO : Christophe Ena/AP)

Gelandang Real Madrid Luka Modric menerima Ballon d'Or pada acara seremoni penyerahan Golden Ball di Grand Palais, Paris, Perancis, Selasa (4/12) dini hari, (FOTO : Christophe Ena/AP)

Gelandang Real Madrid Luka Modric mencium Ballon d'Or pada acara seremoni penyerahan Golden Ball di Grand Palais, Paris, Perancis, Selasa (4/12) dini hari, (FOTO : Christophe Ena/AP)

Gelandang Real Madrid Luka Modric (kiri) bersama legenda Newcastle United David Ginola (kanan) setelah menerima Ballon d'Or pada acara seremoni penyerahan Golden Ball di Grand Palais, Paris, Perancis, Selasa (4/12) dini hari, (FOTO : Christophe Ena/AP)

Gelandang Real Madrid Luka Modric (kiri) Striker Olympique Lyonnais' Ada Hegerberg and penyerang Paris St Germain's Kylian Mbappe menerima Ballon d'Or untuk masing-masing kategori pada acara seremoni penyerahan Golden Ball di Grand Palais, Paris, Perancis, Selasa (4/12) dini hari, (FOTO : Christophe Ena/AP)

Gelandang Real Madrid Luka Modric (tengah) Striker Olympique Lyonnais' Ada Hegerberg (kiri) and penyerang Paris St Germain's Kylian Mbappe (kanan) menerima Ballon d'Or untuk masing-masing kategori pada acara seremoni penyerahan Golden Ball di Grand Palais, Paris, Perancis, Selasa (4/12) dini hari, (FOTO : Christophe Ena/AP)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Kroasia Luka Modric menjadi pemain terbaik di Eropa dengan diraihnya trofi Ballon d'Or pada Senin (3/13) waktu setempat. Modric menjadi peraih Ballon d'Or pertama setelah selama sepuluh tahun terakhir diraih secara bergantian oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. 

Hadirnya Modric sebagai pun menjadi pemecah 'kebosanan' ini. Gelandang Real Madrid ini meraih Ballon d'Or setelah menduduki peringkat satu di atas Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe.

Modric berkiprah dalam mengantar Kroasia menjadi runner up Piala Dunia 2018. Meski ia bukan penyerang sekaliber para pesaingnya, Modric dianggap memiliki peran sentral sebagai kunci permainan dan pemegang kendali tempo permainan tim. Ia mendapatkan gelar Golden Ball alias pemain terbaik di Piala Dunia 2018.

Gelandang muda Prancis Kylian Mbappe meraih Trophee Kopa yang dianugerahkan France Football pada pemain terbaik eropa. Anugerah tersebut diberikan dalam seremonial Ballon d'Or. 

Adapun Trophee Kopa diberikan pada pemain bola yang masih berusia di bawah 21 tahun. Mbappe yang merupakan pemain PSG menjadi pemain pertama yang mendapatkan gelar ini. Pasalnya, Trophee Kopa baru diserahkan pada 2018 ini.

Pada tahun ini, Ballon d'Or juga dianugerahkan pada pemain wanita, dengan istilah Ballon d'Or Feminin. Pemain Lyon asal Norwegia, Ada Hegerberg adalah pemain pertama peraih trofi tersebut. Ia berada di atas Pernille Harder, Maroszan, Marta dan Sam Kerr. 

 

sumber : Republika, AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement