Jumat 22 Feb 2019 11:55 WIB

Saksi Bisu Kejayaan Dinasti Abbasiyah di Baghdad

Dinasti Abbasiyah terbukti membangun peradaban yang gemilang.

Foto: republika
Kejayaan Abbasiyah di Baghdad.

REPUBLIKA.CO.ID, Berkuasa di Baghdad selama lebih dari empat abad, Dinasti Abbasiyah membuktikan keberhasilan mereka membangun peradaban yang gemilang. Kemajuan di berbagi lini mereka torehkan, mulai dari ilmu pengetahuan, militer, dan ekonomi. Sisa-sisa kejayaan tersebut sebagiannya masih bisa ditelusuri hingga kini. Berikut ini sebagian bangunan saksi bisu peradaban Dinasti Abbasiyah di Baghdad:

1.   Istana Abbasiyah

Qashr al-Abbasy. Lokasinya tak jauh dari gerbang Baghdad bagian utara menghadap ke Sungai Tigris. Istana ini dibangun Khalifah an-Nashir Lidinillah (1179-1225 M).   

2.   Kampus al-Mustanshiriyah

Kampus ini didirikan Khalifah Dinasti Abbasiyah, al-Mustanshir Billah pada 1233 M. Lembaga ini menjadi pusat kajian ilmu pengetahuan. Kampus yang berlokasi tak jauh dari Istana Kekhalifahan dan Madrasah an-Nizhamiyah itu, lengkap dengan 450 ribu referensi kitab.  

3.   Gerbang Timur

Konsep kota Baghdad yang melingkar mengacu pada kota-kota Persia seperti Kota Firouzabad. Baghdad dikelilingi tembok yang memutar hingga tampak seperti lingkaran bulat. Wajar bila Baghdad dijuluki dengan Kota Bulat. Ada empat gerbang utama. Yang masih bertahan meski tinggal puing-puing itu ialah gerbang timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement