Ahad 03 Mar 2019 09:47 WIB

Lima Dosa Terbesar Menurut Islam

Inilah lima dosa terbesar menurut Islam.

lima dosa terbesar menurut Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berikut ini urutan lima dosa terbesar, sebagaimana dijelaskan Imam adz-Dzahabi dalam kitabnya, Al-Kabaair.

1. Syirik

Dalil: Alquran surah an-Nisa' ayat ke-48 .

Menurut Imam adz-Dzahabi, ada dua definisi syirik. Pertama, menjadikan sekutu bagi Allah SWT, sehingga seseorang beribadah kepada-Nya dan juga selain-Nya. Kedua, syirik kecil atau riya'. Artinya, seseorang beramal, tetapi tidak ikhlas untuk Allah SWT. Dia ingin amal ibadahnya diketahui orang banyak.

2. Membunuh

Dalil: Alquran surah an-Nisa' ayat ke-93 dan surah al-Furqan ayat 68-70.

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian kembali menjadi orang-orang kafir sepeninggalanku nanti, yakni sebagian kalian membunuh sebagian yang lain (HR Bukhari) . Hadits lainnya berbunyi, "Seorang hamba senantiasa dalam keluasan agamanya selama tidak menumpahkan darah yang haram" (HR Bukhari). Yang dimaksud dengan dosa besar ini adalah "membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang benar."

3. Sihir

Dalil: Alquran surah al-Baqarah ayat ke-102.

Imam adz-Dzahabi mendefinisikan sihir sebagai kekafiran. Yang termasuk sihir, antara lain, (1) mempelajari dan mempraktikkan ilmu guna-guna (santau, santet, pukau, dll); (2) menggunakan sihir dalam mengikat hubungan suami dari istrinya; (3) menggunakan ilmu pelet untuk menumbuhkan kecintaan seorang pria kepada wanita, dan sebaliknya; dan (4) menumbuhkan kebencian seorang wanita kepada seorang laki-laki.

4. Meninggalkan shalat

Dalil: Alquran surah Maryam ayat 59-60.

Imam adz-Dzahabi mendefinisikan perbuatan itu mengikuti Ibnu Abbas RA: "Maksud mereka menyia-nyiakan shalat (dalam ayat surah Maryam itu) bukanlah saja mereka meninggalkan shalat secara total, tapi juga mereka mengakhirkan shalat dari waktu-waktunya."

5. Enggan mengeluarkan zakat

Dalil: Alquran surah Ali Imran ayat ke-180 dan surah At Taubah ayat 34-35.

Definisi perbuatan itu adalah "menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah." Intinya, seorang Muslim yang menolak memenuhi salah satu rukun Islam itu, padahal dirinya sudah termasuk muzakki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement