Selasa 09 Apr 2019 06:09 WIB

Posisi Terbaik Makan Menurut Kesehatan

Islam mengajarkan untuk makan sambil duduk. Posisi makan terbaik itu juga didukung da

Foto: dok Republika
Posisi makan terbaik menurut kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Islam mengajarkan untuk makan sambil duduk. Posisi makan terbaik itu juga didukung dalam banyak studi kesehatan Barat.

Aliran darah

Makan paling baik sambil duduk karena tubuh dirancang dengan cara tertentu bahwa ketika duduk posisi jadi lebih fleksibel. Jalur sirkulasi darah lebih cair dan pada gilirannya membuat jantung lebih kuat.

Kesehatan mental

Kebiasaan makan zaman sekarang sambil melihat gawai atau TV tak bagi bagi jiwa. Kurangnya komunikasi yang tepat dapat mempengaruhi kesehatan mental, yang sekali lagi memiliki efek buruk pada pencernaan. Oleh karena itu, duduk dan mengobrol di meja makan sangat menyehatkan.

Kehilangan kendali

Selain itu, makan sambil berdiri memiliki efek samping lain karena dapat membuat Anda kehilangan kendali atas porsi makan hingga mengarah ke penambahan berat. Oleh karena itu, duduk dan makan menangani masalah ini.

Mencerna lebih baik

Makan sambil berdiri atau berjalan buat tubuh mencerna makanan lebih lambat dari biasanya. Tubuh mencerna makanan dengan baik saat duduk.

Posisi makan dalam keadaan duduk sebenarnya juga merupakan bentuk latihan yoga. Duduk ke bawah melibatkan peregangan kaki atau jongkok dan membungkuk untuk mengambil makanan. Gerakan semacam ini menguntungkan kerja otot perut untuk mengeluarkan cairan pencernaan sehingga pencernaan Anda ada di jalur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement