Sabtu 04 May 2019 02:42 WIB

Persiapan Menyambut Ramadhan

Sejumlah hal perlu dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan.

Foto: republika
Persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, Persiapan menyambut Ramadhan

Menjalani puasa di hari biasa

Bagi yang tidak terbiasa, puasa sebulan penuh akan cukup menyulitkan. Agar tidak kaget, cobalah melakukan puasa sehari atau dua hari selama satu pekan, misal puasa Senin dan Kamis. Jika hal tersebut rutin kamu lakukan, pasti menjalani Ramadhan akan mudah.

Menyelesaikan qadha puasa Ramadhan

Jika masih memiliki utang puasa Ramadhan, sebaiknya selesaikan sebelum Ramadhan tiba.

 

Kurangi kudapan

Mengurangi camilan sangat membantu seseorang dalam mengatur pola makan. Hal tersebut membuat seseorang mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi sehingga ketika berpuasa, tidak akan sering merasa lapar.

Persiapan khatam Alquran

Banyak orang yang menjadikan Ramadhan sebagai waktu mengkhatamkan Alquran. Mulailah menghitung berapa banyak ayat atau juz yang harus dibaca tiap hari agar selesai tepat ketika Ramadhan berakhir.

Kurangi berperilaku buruk

Puasa juga menjadi tempat seseorang melakukan hal-hal baik, mulai dari menjaga sikap, perkataan dan perbuatan. Alangkah baiknya, hal tersebut mulai kita lakukan sejak saat ini bahkan setelah Ramadhan usai.

Persiapkan harta

Ramadhan adalah ladangnya pahala dan penebusan dosa. Selain beribadah shalat atau puasa, banyak hal yang dapat dilakukan untuk berbuat kebaikan. Contohnya, membayar zakat, infaq dan bersedekah. Tidak harus banyak, tetapi niat yang ikhlas dan tulus karena Allah ta’ala.

Olahraga

Mulailah berolahraga untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuhKetika puasa, seseorang akan mudah lemas dan jatuh sakit jika tidak diimbangi pola makan yang sehat dan tentunya berolahraga yang cukup.

Ani Nursalikah

Sumber: Republika.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement